Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha pembuatan bawang goreng: Penelitian di Desa Widarasari Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan

Alfarizi, Muhamad Farid (2024) Pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha pembuatan bawang goreng: Penelitian di Desa Widarasari Kecamatan Kramatmulya Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy

Abstract

Desa Widarasari di Kabupaten Kuningan memiliki potensi besar dalam mengatasi kemiskinan melalui pemberdayaan ekonomi lokal. Salah satu inisiatif yang berhasil adalah pengembangan industri bawang goreng, Salah satunya UMKM Sariwangijaya. UMKM ini tidak hanya menyediakan mata pencaharian utama bagi masyarakat setempat tetapi juga memberdayakan ekonomi dan mengurangi kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui usaha pembuatan bawang goreng di Desa Widarasari. Fokusnya adalah menggambarkan proses pemberdayaan yang ada di UMKM Sariwangijaya, serta menilai dampak positifnya terhadap peningkatan pendapatan dan penciptaan lapangan kerja. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi tantangan dan peluang untuk memperkuat efektivitas program pemberdayaan. Landasan pemikiran skripsi ini menggunakan teori pemberdayaan menurut Edi Suharto (2014:59) Pemberdayaan merupakan serangkaian upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar dapat bersaing dan mandiri. Ini melibatkan akses ke sumber daya penting seperti pemasaran, teknologi, dan modal bagi kelompok kurang beruntung. Tujuannya untuk menciptakan masyarakat yang mampu memenuhi kebutuhan hidup secara mandiri, berpartisipasi dalam kegiatan sosial, dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk memberikan gambaran mendalam tentang objek yang diteliti. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk mendapatkan pemahaman yang komprehensif dan terperinci. Hasil dari penelitian ini mengungkap bahwa proses pemberdayaan ekonomi melalui usaha pembuatan bawang goreng di Desa Widarasari, terutama di UMKM Sariwangijaya yang di dalamnya memiliki banyak tahapan seperti Pelatihan dan pembinaan. Hasil dari pemberdayaan ekonomi masyarakat ini memiliki dampak positif yang signifikan yaitu meningkatkan pendapatan, menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat setempat serta memberikan keterampilan kepada masyarakat untuk bisa berkembang secara mandiri. Meskipun demikian, tantangan dalam menjaga keberlanjutan program juga diidentifikasi. Rekomendasi diberikan untuk memperkuat efektivitas program dan menjaga kelangsungan usaha ini di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Ekonomi; Masyarakat; Usaha
Subjects: Communities > Community Sociology
Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Business > Personal Success in Business
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Farid Alfa Farid Farid Alfarizi
Date Deposited: 02 Aug 2024 02:38
Last Modified: 02 Aug 2024 02:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93001

Actions (login required)

View Item View Item