Adita, Meuthia Zhahira Putri (2024) Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I (1).pdf Download (212kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_ BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dimiliki oleh peserta didik. Namun, kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik perlu ditingkatkan. Hal ini dapat diatasi dengan membuat sebuah inovasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran matematika yang memanfaatkan teknologi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan proses pengembangkan media pembelajaran matematika berbasis MIT App Inventor untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik, 2) memvalidasi media, 3) menentukan keefektifan media, 4) menentukan tingkat kepraktisan media, dan 5) melihat respon peserta didik terhadap media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Media ini diujicobakan terhadap 30 orang peserta didik kelas VIII. Hasil penelitian yang diperoleh ialah media pembelajaran matematika dikembangkan melalui 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation, serta media pembelajaran yang dikembangkan mendapatkan penilaian sangat valid, cukup efektif, praktis, dan mendapatkan respon yang baik dari peserta didik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran; MIT App Inventor; pemecahan masalah; pengembangan; peserta didik; |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Meuthia Zhahira Putri Adita |
Date Deposited: | 06 Aug 2024 02:27 |
Last Modified: | 06 Aug 2024 02:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93070 |
Actions (login required)
View Item |