Husna, Nurul (2024) Pengembangan media melalui media buku saku bergambar berbasis nilai-nilai multikultural dalam pendidikan agama Islam di SMP Mutiara Bunda Kota Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (295kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan multikultural ialah proses pendidikan yang menanamkan pentingnya menghormati perbedaan budaya, etnis, suku dan agama. Internalisasi pendidikan multikultural melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam mesti diwujudkan, salah satunya dengan bantuan media pembelajaran. Meskipun internalisasi pendidikan multikultural sudah dilakukan di SMP Mutiara Bunda, tetapi belum ada inovasi media yang dijadikan sebagai sarana dalam mengimplementasikan pendidikan multikultural sehingga diperlukan kreatifitas dan inovasi baru untuk menciptakan media pembelajaran berbasis nilai-nilai multikultural. Tujuan dari penelitian ini diantarannya untuk megenali dan menganalisis: (1) Proses pengembangan media buku saku bergambar berbasis nilai-nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam, (2) Kelayakan media buku saku bergambar yang dikembangkan untuk mengenalkan nilai-nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam, (3) Implementasi media buku saku bergambar berbasis nilai-nilai multikultural dalam Pendidikan Agama Islam di SMP Mutiara Bunda Kota Bandung. Penelitian ini mengadopsi penelitian pengembangan (R&D) untuk mengembangkan media buku saku bergambar yang akan diimplementasikan dalam pembelajaran PAI. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru PAI dan siswa kelas VIII, angket validasi oleh ahli media, ahli materi, 2 teman sejawat dan guru PAI, observasi serta dokumentasi. Hasil penelitian diantaranya: (1) Media buku saku bergambar dikembangkan melalui proses pengembangan Borg and Gall yaitu 8 langkah diantaranya: mengidentifikasi potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk, revisi produk dan produk akhir. (2) Kelayakan media buku saku bergambar berdasarkan validasi ahli media, ahli materi, dua teman sejawat, dan penilaian guru PAI memperoleh kategori “Sangat Layak”. (3) Implementasi media buku saku bergambar dilakukan dengan 3 tahapan di antaranya tahapan perencanaan melalui modul ajar, tahapan penerapan, dan evaluasi. Berdasarkan penilaian terhadap pencapaian peserta didik dari hasil observasi disimpulkan bahwa implementasi buku saku bergambar berbasis nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran PAI adalah “Sangat Layak”. Penelitian berikutnya dimungkinkan dapat melakukan penelitian pengembangan hingga langkah terakhir yaitu pemakaian media secara luas dan melakukan pengembangan materi pada tema-tema yang beragam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Media Buku Saku Bergambar; Nilai-Nilai Multikultural; Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | Education, Research Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nurul Husna |
Date Deposited: | 05 Aug 2024 03:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2024 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93104 |
Actions (login required)
View Item |