Strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi penelitian deskriptif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung

Fatimah, Annisa Nurul (2024) Strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat: Studi penelitian deskriptif Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wates Kecamatan Bandung Kidul Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengangkat isu permasalahan mengenai penurunan pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran yang tinggi, sera ekonomi masyarakat yang rendah. LPM Kelurahan Wates hadir untuk memberikan suatu perubahan pada masyarakat agar mereka dapat turut serta dalam kegiatan pemberdayaan diri melalui usaha, pelatihan keterampilan, bantuan sosial atau cara lainnya untuk dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui formulasi strategi, implementasi strategi serta evaluasi strategi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Wates dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Landasan pemikiran pada penelitian ini mengadopsi Teori Strategi dari Fred R. David (2011) dan Teori Kesejahteraan dari Grada (Maeswara, 2009). Fred menegaskan bahwa dalam manajemen strategi terdiri atas tiga rangkaian, yaitu mengformulasi strategi, mengimplementasikan strategi, serta mengevaluasi strategi. Grada menjelaskan bahwa kesejahteraan ialah ketenangan yang dirasakan oleh seseorang karena telah terpenuhinya keinginan lahir dan batin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta metode deskriptif yang berpusat pada penjelasan objek penelitian juga menjawab pertanyaan mengenai permasalahan yang diteliti untuk mendapatkan data deskriptif berupa gambar dan kata-kata. Pemilihan metode penelitian ini didasarkan pada subjek penelitian untuk mendapatkan sebuah informasi menyeluruh yang dilandasi realitas sosial. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi bersama Kepala Kelurahan Wates dan Ketua LPM Kelurahan Wates agar data yang didapatkan akurat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Wates melakukan beberapa tahapan untuk menentukan sebuah strategi, diantaranya mengformulasi strategi dengan mengumpulkan data serta informasi melalui observasi lalu melakukan rapat internal LPM, strategi yang diterapkan oleh LPM Kelurahan Wates ialah pendekatan langsung kepada mesyarakat yang diimplementasikan memalui program kegiatan fasilitasi UMKM dan bakti sosial, kemudian strategi yang digunakan dievaluasi bersama oleh LPM Kelurahan Wates melalui rapat internal, dalam evaluasi ini berfungsi untuk mengukur seberapa efektif strategi yang digunakan serta dampak strategi ini terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Masyarakat; Lembaga Pemberdayaan Masyarakat; Strategi
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Annisa Nurul Fatimah
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:18
Last Modified: 09 Aug 2024 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93198

Actions (login required)

View Item View Item