Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) metode maqdis terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur'an: Penelitian di Yayasan At-Tashdiq

Bazriah, Aisatun Nadroh (2024) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) metode maqdis terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur'an: Penelitian di Yayasan At-Tashdiq. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan tidak terlepas dari peran seorang guru, termasuk guru tahfiz Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemukan pada salah satu lembaga pendidikan Islam yaitu Yayasan At-Tashdiq. Diketahui bahwa Yayasan ini sudah memiliki sebagian guru tahfiz Al-Qur’an yang sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, namun tidak dengan sebagian lainnya. Diantaranya ditemukan sejumlah guru tahfiz Al-Qur’an yang sudah memiliki pengetahuan kaidah tahsin Al-Qur’an, namun belum dapat mengaplikaskannya ke dalam bacaan Al-Qur’an dengan baik. Maka sebagai upaya untuk menjawab persoalan tersebut, pihak Yayasan memberikan penyuluhan berupa pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis yang rutin diadakan bagi sejumlah guru tahfiz AlQur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis di Yayasan At-Tashdiq, bagaimana kompetensi guru tahfiz Al-Qur’an di Yayasan At-Tashdiq dan menganalisis pengaruh dari pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur’an di Yayasan At-Tashdiq. Hipotesis dalam penelitian ini ialah H0 : tidak terdapat pengaruh dari pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur'an di Yayasan At-Tashdiq. Dan Ha: terdapat pengaruh dari pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur'an di Yayasan At-Tashdiq. Peneliti menggunakan metode penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah keselurahan populasi, karena jumlah populasi 32<100. Teknik analisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji normalitas, uji regresi linear sederhana, uji T dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan dan pelatihan (diklat) metode maqdis (variabel X) memiliki pengaruh terhadap kompetensi guru tahfiz Al-Qur’an (variabel Y) dengan diperoleh nilai t hitung variabel X sebesar 5,011 dan variabel Y sebesar 3,104, keduanya bernilai lebih besar dari r tabel sebesar 2,04227 (t hitung > t tabel) dengan tingkat signifikansi sebesar 5 %. Maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai koefisien determinasi sebesar 24,3%, yang berarti variabel Y dipengaruhi oleh variabel X sebesar 24,3% dan sisanya 75,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Diklat; Guru; Kompetensi; Maqdis; Tahfiz
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Aisatun Nadroh Bazriah
Date Deposited: 07 Aug 2024 06:44
Last Modified: 07 Aug 2024 06:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93254

Actions (login required)

View Item View Item