Arul, Arul (2024) Manajemen Kurikulum Merdeka belajar untuk penguatan profil pelajar Pancasila di SDIT Mutiara. Masters thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (611kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (820kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (409kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (748kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak Penelitian ini membahas implementasi manajemen kurikulum merdeka belajar untuk penguatan profil pelajar Pancasila di SDIT Mutiara Palabuhanratu. Latar belakang penelitian ini mencakup kebutuhan akan penguatan karakter Pancasila di tengah perkembangan pendidikan saat ini Peran penting kurikulum dalam pendidikan adalah sebagai alat untuk mengukur terhadap pencapaian pendidikan. Jika melihat kondisi pendidikan di Indonesia pada masa revolusi industry 4.0 dan society 5.0 saat ini, dan terjadinya learning loss pemerintah perlu membuat rancangan kurikulum yang sesuai dengan kemajuan abad ke 21 saat ini. Berdasarkan fenomena tersebut pemerintah melalui Kementerian pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan satu langkah kebijakan pendidikan yang dirasa cocok untuk diterapkan pada situasi saat ini, yang sering dikenal dengan Kurikulum merdeka belajar. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum merdeka belajar untuk penguatan profil pelajar pancasila SDIT Mutiara 2) Mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka belajar untuk penguatan profil pelajar pancasila didik SDIT Mutiara 3) Mendeskripsikan hasil dari implementasi kurikulum merdeka belajar untuk penguatan profil pelajar pancasila di SDIT Mutiara. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu pengumpulan data dengan menggunakan tekhnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan 1) Perencanaan Kurikulum: Kepala sekolah melakukan sosialisasi untuk memastikan pemahaman yang komprehensif tentang konsep dan prinsip dasar Kurikulum Merdeka Belajar. Perencanaan kurikulum dilakukan dengan melibatkan seluruh guru dan stakeholder, mengacu pada pedoman resmi, dan membentuk tim fasilitasi khusus. 2) Implementasi Kurikulum: Pembelajaran proyek dilakukan dengan alokasi waktu terpisah, memungkinkan guru untuk berinovasi. Sistem pembelajaran terbagi menjadi reguler dan blok, dengan penggunaan waktu yang diatur secara cermat. Tahapan pelaksanaan proyek mencakup perencanaan, pengembangan materi, penerapan dalam pembelajaran, evaluasi, dan pelaporan kepada pihak terkait. 3) Hasil Implementasi: Hasil dari implementasi kurikulum ini melibatkan beberapa kegiatan penting seperti pelaporan dan dokumentasi kepada berbagai komunitas, evaluasi perubahan karakter siswa, penilaian hasil profil oleh guru, pelaporan proyek kepada orang tua, proses tindak lanjut, dan potensi diseminasi atau replikasi proyek oleh pemerintah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum Medeka; Profil Pelajar Pancasila |
Subjects: | Curricula Curricula > Curriculum Development General Management General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Arul Arul |
Date Deposited: | 09 Aug 2024 07:07 |
Last Modified: | 09 Aug 2024 07:07 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93371 |
Actions (login required)
View Item |