Apriyani, Annisa Eka (2024) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi dengan kemampuan menghafal asmaul husna anak usia dini: Penelitian di kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (309kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (180kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil studi pendahuluan di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung bahwa aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi sudah sering dilakukan. Anak sudah tampak antusias dan anak bersemangat ketika melakukan kegiatan bernyanyi. Namun, kemampuan menghafal asmaul husna anak belum berkembang secara optimal. Seperti sebagian anak masih ragu dalam mengurutkan asmaul husna dan anak masih belum bisa mengulang kembali hafalan asmaul husna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung; (2) Kemampuan menghafal asmaul husna anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung; dan (3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi dengan kemampuan menghafal asmaul husna anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Bernyanyi pada dasarnya merupakan bakat alamiah yang dimiliki oleh seorang individu. Metode bernyanyi merupakan salah satu cara mencapai pendidikan dalam Islam. Bernyanyi merupakan sarana pengungkapan pikiran dan perasaan, sebab kegiatan bernyanyi penting bagi pendidikan anak. Menghafal adalah proses mengulang sesuatu baik dengan membaca atau mendengarkan. Dalam menghafal juga membutuhkan kekuatan memori dan mengingat yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional. Responden penelitain ini berjumlah 18 anak di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung. Sampel diambil dengan teknik total sampling (sampling jenuh) yang artinya seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis data disimpulkan bahwa aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi memperoleh nilai rata-rata 80. Angka tersebut berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan menghafal asmaul husna pada anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 59. Angka tersebut berada pada interval 50 – 59 dengan kategori kurang. Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi dengan kemampuan menghafal asmaul husna anak usia dihitung melalui rumus korelasi product moment, diperoleh r hitung sebesar 0,77 pada interval 0,600 – 0,799 dengan kategori tinggi. Hasil uji hipotesis diperoleh harga t_hitung = 4,813 > t_tabel = 2,120. Hasil perhitungan koefisien diterminasi menunjukkan kontribusi sebesar 59,29% sedangkan 40,71% dipengaruhi oleh faktor lain. Dapat disimpulkan, hipotesis nol (Ho) ditolak, hipotesis alternatif (Ha) diterima ,dengan kata lain ada hubungan yang signifikan antara aktivitas anak pada penggunaan metode bernyanyi dengan kemampuan menghafal asmaul husna anak usia dini di Kelompok B1 RA Al-Mukhlisin 2 Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan; anak usia dini; menghafal; asmaul husna; metode bernyanyi |
Subjects: | Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Nama-nama Allah, Asmaul Husna Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Annisa Eka Apriyani |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:34 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93442 |
Actions (login required)
View Item |