Khumaira, Firyal Haifa (2024) Hubungan antara aktivitas penggunaan media sandpaper letters dengan kemampuan motorik halus anak usia dini: Penelitian kuantitatif di kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi awal di RA Al-Ihsan Cibiru Hilir, diketahui bahwa aktivitas media sandpaper letters menjadi salah satu kegiatan Montessori yang dilakukan sebelum kegiatan belajar dimulai, terlihat anak-anak bisa mengikuti dan meniru instruksi dari guru. Akan tetapi dilihat dari kemampuan motorik halus anak masih belum berkembang secara optimal. Hal ini dilihat dari beberapa anak yang masih kesulitan dalam memegang gunting dan memegang pensil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas anak pada penggunaan media sandpaper letters di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; (2) Kemampuan motorik halus anak di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung; dan (3) Hubungan antara aktivitas anak pada penggunaan media sandpapaer letters dengan kemampuan motorik halus anak di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Penggunaan media sandpaper latters menjadi salah satu faktor yang dapat melatih dan mengembangkan kemampuan motorik halus anak usia dini. Berdasarkan asumsi teori ini, maka hipotesis yang diajukan yaitu semakin tinggi aktivitas penggunaan media sandpaper letters maka semakin tinggi pula kemampuan motorik halus anak, demikian sebaliknya. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif dan metode korelasional dengan statistik deskriptif sebagai alat uji perhitungan. Responden penelitian ini yaitu 19 anak di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, unjuk kerja dan dokumentasi sebagai alat penunjang pengumpulan data. Hasil analisis data menunjukkan aktivitas penggunaan media sandpaper lektters diperoleh nilai rata-rata 83. Angka ini berada pada interval 80 – 100 dengan kategori sangat baik. Sedangkan kemampuan motorik halus anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 75. Angka ini berada pada interval 70 – 79 dengan kategori baik. Hubungan antara aktivitas penggunaan media sandpaper latters dengan kemampuan motorik halus anak usia dini memperoleh harga koefisien korelasi sebesar 0,61. Angka koefisien korelasi ini berada pada interval 0,600 – 0,799 dengan kategori kuat/tinggi. Hasil uji signifikasi menunjukkan t_hitung = 3,177 > t_(tabel )= 2,110. Artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan kata lain, aktivitas penggunaan media sandpaper latters memiliki hubungan positif yang signifikan dengan kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung. Adapun kontribusi aktivitas penggunaan media sandpaper letters dengan kemampuan motorik halus anak usia dini sebesar 37%. Artinya, masih ada 63% faktor lain yang mempengaruhi kemampuan motorik halus anak usia dini di Kelompok B RA Al-Ihsan Cibiru Hilir Kabupaten Bandung.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Montessori; Sandpaper Letters; Kemampuan Motorik Halus |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Firyal Haifa Khumaira |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 06:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 06:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93542 |
Actions (login required)
View Item |