Bimbingan perkawinan untuk membentuk fondasi keluarga Sakinah pada calon pengantin: Studi deskriptif di KUA Kecamatan Malangbong Kab. Garut

Khoerunisa, Cinta (2024) Bimbingan perkawinan untuk membentuk fondasi keluarga Sakinah pada calon pengantin: Studi deskriptif di KUA Kecamatan Malangbong Kab. Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB) | Request a copy

Abstract

Kecamatan Malangbong memiliki 24 desa, dapat dilihat banyaknya jumlah desa di Kecamatan Malangbong maka peristiwa pernikahan di Malangbong cukup tinggi. Pada tahun 2023 pernikahan di Kecamatan Malangbong mencapai 1195 pasangan dan pada 2024 sampai dengan bulan maret pernikahan di Malangbong sudah tercatat 200 pasang. Melihat dari banyaknya pernikahan di Malangbong maka pemerintah harus memperhatikan hal ini dengan serius. Maka salah satu Langkah agar para calon pengantin di Malangbong adalah dengan memberikan bimbingan perkawinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penyelenggaraan, pelaksanaan bimbingan perkawinan serta pemahaman calon pengantin setelah mengikuti bimbingan perkawinan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan secara sistematis, faktual, serta akurat mengenai fakta-fakta, sifat, dan hubungan antara fenomena-fenomena dari objek yang sedang diteliti. Bimbingan perkawinan yang diselenggarakan di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Malangbong bertujuan untuk memberikan nasihat dan pengetahuan mengenai pernikahan kepada calon pengantin di wilayah Kecamatan Malangbong. Program ini dirancang untuk membekali pasangan yang akan menikah dengan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan dalam membangun kehidupan rumah tangga yang harmonis dan sakinah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan perkawinan di KUA Kecamatan Malangbong dilaksanakan setiap hari selasa. Meskipun pelaksanaan bimbingan perkawinan ini masih belum sepenuhnya sesuai dengan modul yang telah ditetapkan oleh Kementerian Agama, materi yang disampaikan tetap sejalan dengan isi modul tersebut. Dengan pemahaman yang baik tentang hak dan kewajiban serta cara berkomunikasi yang efektif, pasangan dapat mengatasi berbagai tantangan dalam pernikahan. Ketakwaan juga menjadi landasan yang kuat dalam menjalani kehidupan rumah tangga, karena dengan ketakwaan, segala kesulitan dapat dihadapi dengan lebih mudah. Semoga setiap pasangan dapat mencapai rumah tangga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Perkawinan; Keluarga Sakinah; Calon Pengantin
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Nikah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Cinta Khorunisa
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:43
Last Modified: 14 Aug 2024 01:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93546

Actions (login required)

View Item View Item