Munawar, Ishak Farid (2023) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari: Penelitian pada siswa kelas X SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (100kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan peneliti, diperoleh informasi bahwa aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an berjalan dengan baik. Hal tersebut ditandai dengan siswa selalu menyetorkan atau melaporkan hafalannya. Namun, di sisi lain masih terdapat siswa yang akhlaknya kurang baik seperti melanggar aturan sekolah, berkata tidak senonoh dan kasar (tidak sopan) terhadap guru dan siswa lainnya. Dengan demikian terdapat kesenjangan sekaligus permasalahan yang menarik untuk diteliti Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui: 1) Realitas aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an di kelas X SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. 2) Realitas akhlak siswa sehari-hari di kelas X SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor. 3) Hubungan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan akhlak mereka sehari-hari. Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa akhlak siswa dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satuya adalah aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan akhlak mereka sehari-hari. Demikian semakin baik aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz al-qur’an maka semakin baik pula akhlak siswa sehari-hari, begitupun sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Responden merupakan siswa kelas X SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor berjumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data yang digunkana yaitu: Angket, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: Analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,77 yang berada pada interval 3,40 – 4,19. 2) Akhlak siswa sehari-hari berkategori positif dengan nilai rata-rata 3,76 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 3) Hubungan aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan akhlak siswa sehari-hari sangat tinggi dengan nilai 0,98 berada pada interval 0,80-1,00. Pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 98% dan sisanya 2% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil hipotesis diperoleh nilai thitung 11,59 > dan ttabel 2,035. Oleh karena itu dapat disimpulkan Ha diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara aktivitas siswa mengikuti pembelajaran tahfiz Al-Qur’an dengan akhlak mereka sehari-hari di kelas X SMA Plus Al-Aqsha Jatinangor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tahfiz Al-Qur'an; Akhlak; Siswa |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kandungan Al-Qur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ishak Farid Munawar |
Date Deposited: | 02 Dec 2024 04:05 |
Last Modified: | 02 Dec 2024 04:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93582 |
Actions (login required)
View Item |