Dinamika keberagamaan insinyur: Studi hubungan antara religiositas dan tanggungawab profesional anggota Persatuan Insinyur Indonesia

Moh Yunus, Ruslan (2024) Dinamika keberagamaan insinyur: Studi hubungan antara religiositas dan tanggungawab profesional anggota Persatuan Insinyur Indonesia. Doktoral thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Ditengah kebanggaan atas kontribusinya kepada masyarakat, insinyur dihadapkan pada pertanyaan publik: apakah mereka cenderung melakukan kebaikan atau kerusakan? Pertanyaan ini mengantarkan penelitian ini pada apa yang dilakukan oleh insinyur, bagaimana mereka merealisasikan tuntutan profesionalnya sekaligus tuntutan agamanya. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungkait religiositas insinyur muslim dan risiko rekayasa-teknologi di Indonesia sebagai masukan dalam penyusunan kerangka konseptual ethico-religious bagi insinyur. Untuk mencapai tujuan yang dimaksud, peneltian ini menggunakan multi pendekatan yakni; pendekatan Qur’ani, pendekatan holistik-integratif, pendekatan sistem manajemen risiko, pendekatan antropologi budaya material dan pendekatan psyco-spiritual (tasawuf), untuk mengeksplorasi hubungan antara religiositas insinyur yang dihubungkaitkan dengan prognosa insinyur terhadap risiko rekayasa-teknologi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan mix method yang diawali dengan pengumpulan data kuantitatif dan pemodelan menggunakan SEM-PLS yang selanjutnya diikuti pendalaman dan pencarian makna menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian diawali dengan observasi literatur untuk memperoleh indikator-indikator religiositas, mengkonstruksi setiap indikator menjadi dimensi utama menggunakan model pandangan dunia (worldview) yang dimodifikasi. Struktur religiositas yang dikembangkan terdiri dari 6 dimensi utama yakni: dimensi kesadaran universal (X1), pandangan universal (X2), nilai-nilai inti (X3); dimensi identitas (X4), dimensi perilaku berintegritas (X5) dan dimensi budaya institusi yang kredibel (X6). Untuk menguji model struktural religiositas, penelitian ini telah mengumpulkan data lapangan yang diperoleh dari insinyur sebagai responden penelitian. Hasil pemodelan struktural religiositas menunjukan suatu model struktural religiositas yang memenuhi hubungan antar dimensi yang positif dan memenuhi uji realiability dan validity construct, kecuali hubungan antara pandangan universal dan nilai-nilai inti Islam. Hasil penelitian menunjukan pula nilai pengaruh tidak langsung yang sangat kecil antara religiositas (X) dan risiko rekayasa-teknologi (Y) melalui penekanan potensi kesadaran dasar (fitrah) (Z2) dan panduan keputusan akhir berbasis spiritualitas (Z3) yang dapat dimaknai sebagai reduksi variabel religiositas terhadap risiko rekayasa-teknologi melalui faktor risiko.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Uncontrolled Keywords: Dinamika; Religiositas; Tanggungjawab Insinyur; Indonesia
Subjects: Philosophy and Theory of Technology
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi, Studi Agama Agama > Konsentrasi Filsafat Agama
Depositing User: Mr Ruslan Moh Yunus
Date Deposited: 16 Aug 2024 06:49
Last Modified: 16 Aug 2024 07:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93666

Actions (login required)

View Item View Item