Telaáh hadits Inqathaá Ámaluhu: Studi Maánil hadits antara muhaddits dan fuqaha tentang Sampainya pahala amal kebaikan kepada yang meninggal)

Reftiyani, Annisa (2024) Telaáh hadits Inqathaá Ámaluhu: Studi Maánil hadits antara muhaddits dan fuqaha tentang Sampainya pahala amal kebaikan kepada yang meninggal). Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COUVER)
COVER.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (569kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)

Abstract

Dengan menelaah dalam segi studi Maánil Al-Hadis antara Muhaddits dan Fuqaha ini memerlukan analisis kritis terhadap berbagai tafsiran dan pandangan dari para ulama terdahulu dan kontemporer. Metode yang digunakan bisa mencakup studi literatur, analisis teks, dan perbandingan antara berbagai sumber hadits. Adapun menurut Muhaddits yaitu fokus pada autentisitas dan sanad (rantai perawi) dari hadits dan lebih menekankan pada keaslian teks dan matan (isi) hadits. Namun dilihat dari segi Fuqaha memfokuskan pada implikasi hukum dan meneliti bagaimana hadits ini diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan implikasinya dalam hukum Islam. Namun ada perbedaan kontroversi di kalangan ulama tentang sampainya pahala amal kebaikan kepada yang meninggal apakah pahala amal kebaikan orang yang masih hidup dapat sampai kepada orang yang sudah meninggal. Melihat bagaimana pendekatan tradisional dan modern dalam memahami dan mengaplikasikan hadits ini untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang makna hadits dan relevansinya dalam konteks hukum dan kehidupan sosial umat Islam. Hal ini terjadi di masyarakat banyak dilakukan ritual ibadah seperti berdo’a, bersedekah dan lain-lain itu sudah biasa, ada juga masyarakat beramal ibadah yang berhubungan dengan orang yang telah meninggal seperti do’a anak shaleh, tahlil, dan lain sebagainya. Penelitian kualitatif melalui pendekatan Ma’ani al-Hadis Syekh Yusuf Qodrowi. Sumber data yang digunakan adalah primer yang merujuk pada kitab Sunan al-Tirmidzi, aplikasi maktabah syameela, jawamiul kalim dan ensiklopedia hadis dan sekunder yang berasal dari kitab syarh hadis dan hadis yang lain, berbagai buku ilmiah, artikel, karya ilmiah dan yang bersangkutan dengan pembahasan penelitian. Hasil Penelitian ini dapat disimpulkan berdasarkan fokus penelitian maka ditemukannya konsep adanya polemik mengenai sampainya hadis pahala amal kebaikan kepada yang meninggal dunia.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Inqathaá Amaluhu; Muhaddits; Fuqaha
Subjects: Islam
Islam > Hadith
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hadits
Depositing User: Annisa Reftiyani
Date Deposited: 19 Aug 2024 03:47
Last Modified: 19 Aug 2024 03:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93748

Actions (login required)

View Item View Item