Pengaruh pakan berbasis tepung larva black soldier fly (Hermetia illucens) dan propolis (Geniotrigona thoracica) terhadap pertumbuhan lele sangkuriang (Clarias gariepinus)

Abdi, Sa'adati Putri Nurul (2024) Pengaruh pakan berbasis tepung larva black soldier fly (Hermetia illucens) dan propolis (Geniotrigona thoracica) terhadap pertumbuhan lele sangkuriang (Clarias gariepinus). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (197kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy

Abstract

Pakan komersil diketahui sangat efektif untuk mempersingkat waktu panen ikan, namun bahan baku pakan komersil seperti tepung ikan cenderung mahal karena merupakan komoditas impor. Untuk menekan harga pakan maka perlu dicari alternatif pengganti sumber protein yang lebih murah dan mudah diperoleh salah satunya adalah larva Black Soldier Fly (Hermatia illucens) atau BSF. BSF dapat dijadikan sebagai pengganti pakan karena memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Penambahan propolis dari lebah Geniotrigona thoracica pada pakan ikan diduga dapat meningkatkan imunitas pada ikan, karena propolis memiliki banyak aktivitas farmakologi seperti antioksidan, antikanker, antijamur, anti inflamasi, antivirus juga anti bakteri. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efisiensi dari pakan berbahan tepung larva BSF dan propolis bagi ikan lele sangkuriang (Clarias gariepinus). Metode yang digunakan adalah eksperimental menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 3 ulangan. Benih ikan lele dengan panjang 7-7,5 cm dan berat ±3,5-5 g/ekor, dipelihara selama 30 hari, dengan diberikan pelet yang dibuat dengan formulasi konsentrasi tepung larva BSF yang berbeda, yaitu 0%, 75%, 85%, 100% dan formulasi pakan ditambahkan 0,60% propolis, serta dibandingkan dengan pakan komersil. Hasilnya lele yang diberi perlakuan pakan dengan konsentrasi tepung larva BSF sebanyak 100% (P4) memiliki kenaikan nilai bobot per ekor yakni 9,70% ± 0,407 (3,5 gram) juga pertambahan panjang per ekor sebesar 10,6% ± 0,420 (4 cm), nilai survival rate sebesar 100% ± 0,00, nilai FCR yakni 1,0 ± 0,03 dan nilai EP tertinggi yakni 158,5% ± 10,64. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan tepung larva BSF sebagai pengganti tepung ikan mampu meningkatkan pertumbuhan dan kelangsungan hidup ikan lele.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lele sangkuriang; pakan; pertumbuhan; propolis; tepung larva BSF
Subjects: Biology > Philosophy and Theory of Biology
Animals, Zoology, Wildlifes > Data Processing and Analysis of Zoology
Animals, Zoology, Wildlifes > General Publications of Zoology
Animals, Zoology, Wildlifes > Research of Animals
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Sa'adati Putri Nurul Abdi
Date Deposited: 21 Aug 2024 01:30
Last Modified: 21 Aug 2024 01:30
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93861

Actions (login required)

View Item View Item