Nurazizah, Marwah (2024) Penerapan model pembelajaran ARCS menggunakan teknik Probing Promting untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri Sirnagalih. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3-DAFTAR ISI.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (437kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (805kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilaksanakan di SD Negeri Sirnagalih pada kelas V. Guru masih menggunakan metode ceramah selama kegiatan pembelajaran terutama dalam mata pelajaran IPS. Sehingga, peserta didik memperoleh hasil belajar yang belum sesuai KKM. Karena, dari 20 peserta didik hanya 30% peserta didik yang memperoleh nilai yang maksimal. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan model pembelajaran ARCS menggunakan teknik probing promting dalam mata pelajaran IPS di kelas V. (2) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran menggunakan model ARCS menggunakan teknik probing promting dalam mata pelajaran IPS di kelas V. (3) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran ARCS menggunakan teknik probing promting ini dapat meningkatkan hasil pembelajaran terutama dalam mata pelajaran IPS dengan baik. Dalam penelitian ini terdiri dari 2 variabel dimana variable yang X mengenai model pembelajaran ARCS menggunakan teknik probing promting yang terdiri dari langkah-langkah pembelajaran. Sedangkan, untuk variable Y mengenai hasil belajar yang terdiri dari indikator hasil belajar yang akan dicapai pada penelitian. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Satu siklus ini terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Hasil penelitian mengenai hasil belajar peserta didik pada setiap siklusnya meningkat dengan baik. Pada saat pra-siklus persentase aktivitas guru sebesar 46%. Persentase aktivitas guru pada siklus I tindakan I sebesar 60% sedangkan pada siklus I tindakan II sebesar 66%. persentasi aktivitas guru pada siklus II tindakan I sebesar 73% dan pada siklus II tindakan II sebesar 86%. Adapun untuk observasi aktivitas siswa pada setiap siklusnya meningkat dengan baik. Pada pra-siklus persentase aktivitas siswa sebesar 52%. Pesersentase aktivitas siswa pada siklus I tindakan I sebesar 62% dan persentase aktivitas siswa pada siklus I tindakan II sebesar 67%. Dan persentase aktivitas siswa pada siklus II tindakan I sebesar 72% dan pesertase aktivitas siswa pada siklus II tindakan II sebesar 82%. Sedangkan, untuk hasil belajar siswa pada pra-siklus memperoleh nilai rata-rata sebesar 58 dengan ketuntasan klasikalnya 45%. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata sebesar 69 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 65%. Sedangkan hasil belajar pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 82 dengan ketuntasan klasikalnya sebesar 85%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ARCS; Teknik Probing Promting; hasil belajar; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Marwah Nurazizah |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 07:08 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 07:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/93923 |
Actions (login required)
View Item |