Tinjauan hukum pidana Islam tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melibatkan anak pada putusan nomor 938/Pid.B/2023/PN.Tng

Amal, Ikhlassul (2024) Tinjauan hukum pidana Islam tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melibatkan anak pada putusan nomor 938/Pid.B/2023/PN.Tng. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (709kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Tindakan pencurian dengan kekerasan sangat tidak dibenarkan, adapun penjatuhan hukuman terhadap tindakan tersebut harus sesuai dengan apa yang diperbuat. Tuntutan yang diberikan oleh hakim sesuai dengan KUHP Pasal 365 ialah maksimal 9 tahun penjara. Maka dengan amar putusan hakim yang diberikan terdakwa dinilai terlalu ringan yaitu hanya 1 tahun 6 bulan, sedangkan dalam Hukum Pidana Islam pencurian dengan kekerasan dikenai hukuman had. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menganalisis pertimbangan hukum Hakim terhadap tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melibatkan anak pada Putusan Nomor 938/Pid.B/2023/PN.Tng; 2) untuk mengetahui tinjauan Hukum Pidana Islam tentang tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang melibatkan anak pada Putusan Nomor 938/Pid.B/2023/PN.Tng. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menerapkan berdasarkan pada teori pemidaan dalam Hukum Positif, adapun tiga teori utama yang dikenal dalam pemidanaan yakni teori pembalasan, tujuan dan gabungan, serta dalam Hukum Pidana Islam menggunakan teori al-Jabb dan at-Tadakhul, serta menggunakan KUHPidana Pasal 365 Ayat (2) ke-1 dan ke-2, Pasal 363 Ayat (1), Pasal 368 Ayat (1), dan QS. Al-Maidah Ayat 33 dan 38. Penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif analisis, dengan pendekatan yuridis normatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Untuk pengumpulan data menggunakan teknik studi kepustakaan dan studi naskah. Selanjutnya dalam teknik analisis data menggunakan content analysis. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: 1) penjatuhan hukuman terhadap terdakwa dalam putusan dikenai pidana berlandasan Pasal 365 KUHP yaitu penjara 1 tahun 6 bulan, hukuman ini sangatlah ringan ditambah terdakwa melibatkan anak kecil dalam melangsungkan tindak pidana pencurian dengan kekerasan, bila melihat bunyi dari Pasal tersebut seharusnya bisa lebih lama masa tahanannnya dikarenakan dalam Pasal 365 maksimal pidana penjara 9 tahun; dan 2) perbuatan terdakwa dalam Hukum Pidana Islam dapat disebut jarimah hirabah, adapun hukumannya dapat dikenai jarimah hudud, dengan dipotong tangan dan kaki secara menyilang, dan anak yang turut serta dalam jarimah hirabah dalam Hukum Pidana Islam anak tersebut hanya dikenai hukuman ta’zir, hukuman tersebut bertujuan untuk memberi pengajaran dan teguran tegas agar anak tersebut tidak mengulangi perbuatan kejahatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana Islam; pencurian; kekerasan; melibatkan; anak
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Hukum Pidana Islam, Jinayat
Criminal Law > Criminals
Criminal Law > Juvenile Courts
Criminology > Criminal Offenses
Criminology > Prevention of Crime and Delinquency
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Pidana Islam
Depositing User: Ikhlassul Amal
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:14
Last Modified: 28 Aug 2024 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94064

Actions (login required)

View Item View Item