Khaerunisya, Rizky (2024) Pengembangan bahan pengayaan fisika berbasis dailyphenomenon untuk meningkatkan literasi sains peserta didik pada materi gelombang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_coverskripsi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (298kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (900kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (392kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya profil literasi sains dapat diakibatkan pengajaran pengayaan tidak mengintegrasikan proses ilmiah dan kurangnya bahan belajar. Pengembangan media pengayaan yang menarik seperti bahan pengayaan diharapkan dapat memperkaya pengetahuan dan menambah keterampilan peserta didik serta pemanfaatannya dalam pemecahan masalah berbasis kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan peningkatkan kemampuan literasi sains berbasis dailyphenomenon peserta didik terhadap bahan pengayaan pada materi gelombang. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan analysis, design, development, implementation dan evaluation. Data penelitian dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Sampel penelitian terdiri dari peserta didik kelas XI IPA di MA Husnul Khotimah. Kelayakan media dilakukan oleh dosen ahli media dengan persentase 81,3% yang memberikan media sangat layak. Kelayakan materi dilakukan oleh dosen ahli materi yang memberikan 91,7% dengan kategori sangat layak. Hasil uji coba respon praktisi pendidik 89,5% dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik terhadap bahan pengayaan sebesar 86,5% pada kategori sangat baik. Peningkatan kemampuan literasi sains peserta didik sesudah penerapan bahan pengayaan menghasilkan skor N-Gain 0,88 dengan interpretasi tinggi. Analisis pengujian hipotesis diperoleh t_(hitung ) (4,424)>t_(tabel ) (1,697). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahan pengayaan berbasis dailyphenomenon layak diterapkan dan efektif meningkatkan literasi sains peserta didik pada pengajaran pengayaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi sains; bahan pengayaan; dailyphenomenon; gelombang |
Subjects: | Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rizky Rizky said |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 02:52 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 02:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94084 |
Actions (login required)
View Item |