Fatonah, Nida Mujahidah (2024) Pengaruh supervisi akademik kunjungan kelas terhadap kompetensi pedagogik tenaga pendidik: Penelitian di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (286kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (192kB) | Request a copy |
Abstract
Kunjungan kelas merupakan salah satu teknik supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala madrasah sebagai supervisor yang dilakukan pada saat tenaga pendidik mengajar untuk membantu mengatasi masalah ataupun kesulitan saat melakukan kegiatan pembelajaran di kelas. Namun, berdasarkan observasi awal di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sumedang, diperoleh informasi bahwa supervisi akademik kunjungan kelas dilakukan dalam satu semester sekali fokus pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sumedang masih terdapat tenaga pendidik yang hanya menyiapkan kinerja baiknya saat akan dilaksanakan supervisi, tenaga pendidik masih kesulitan dalam menyusun RPP, tenaga pendidik kurang berpariatif dalam pemanfaatan sumber pembelajaran dan metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan supervisi akademik kunjungan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang, 2) mendeskripsikan kompetensi pedagogik tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang, 3) menganalisis pengaruh supervisi akademik kunjungan kelas terhadap kompetensi pedagogik tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Ex Post Facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/kuesioner dengan menggunakan pengukuran skala likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu melalui uji instrumen, analisis statistik, uji asusmsi klasik, dan uji hipotesis. Responden pada penelitian ini ialah seluruh tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se-Kabupaten Sumedang yang berjumlah 50 orang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan: 1) Supervisi akademik kunjungan kelas di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Sumedang dikategorikan tinggi yaitu memperoleh nilai 3,62 dari hasil pengolahan data, 2) Kompetensi pedagogik tenaga pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Sumedang dikategorikan tinggi yaitu memperoleh nilai 3,66 dari pengolahan data, 3) Berdasarkan uji parsial T bahwa supervisi akademik kunjungan kelas berpengaruh dan signifikan terhadap kompetensi pedagogik tenaga pendidik dengan diperoleh nilai taraf signifikansi 0,000 dan tHitung 4.145. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R Square) diperoleh hasil sebesar 264 yang berarti pengaruh supervisi akademik kunjungan kelas terhadap kompetensi pedagogik tenaga pendidik sebesar 26,4% yang termasuk kedalam kategori rendah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik; Kunjungan Kelas; Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nida Mujahidah Fatonah |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 04:03 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 04:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94251 |
Actions (login required)
View Item |