Dayani, Isni Putri (2024) Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui metode debat pada mata pelajaran IPS : Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas V MI Terpadu Ar- Rifqi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan oleh metode pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru, sehingga peserta didik kurang aktif terlibat dalam proses pembelajaran. Akibatnya, peserta didik tidak memiliki cukup kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan metode debat, (2) proses pembelajaran dengan metode debat, (3) kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan metode debat. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran IPS yang rendah, dan setelah penerapan metode debat, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang dibuktikan dari peningkatan kemampuan pada setiap tindakan. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan, dengan empat tahap setiap tindakan: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas V Terpadu Ar-Rifqi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus, pembelajaran tanpa metode debat menghasilkan rata-rata nilai peserta didik sebesar 52,5 dengan ketuntasan klasikal 20%. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 74,25 dengan ketuntasan klasikal 70%. Selanjutnya, pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,5 dengan ketuntasan klasikal 85%. Penelitian dianggap selesai saat ketuntasan belajar mencapai 75% atau lebih. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa metode debat dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Berpikir Kritis; Metode Debat. |
Subjects: | Education, Research Education Elementary Education Elementary Education > Elementary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Isni Putri Dayani |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 04:11 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 04:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94315 |
Actions (login required)
View Item |