Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perolehan pendapatan melalui website Saweria.co: Studi Kasus di konten kreator Masbram9866

Ardilivia, Dina Asni (2024) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap perolehan pendapatan melalui website Saweria.co: Studi Kasus di konten kreator Masbram9866. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang semakin canggih sehingga memunculkan berbagai aplikasi dan website yang mendukung aktivitas serta kebutuhan masyarakat seperti website saweria.co yang membantu konten kreator Masbram9866 mendapatkan penghasilan tambahan melalui konten-kontennya. Penonton menunjukkan apresiasinya kepada konten kreator Masbram9866 dengan cara mengirimkan dana dukungan. Fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara konten kreator Masbram9866 memperoleh pendapatan melalui website saweria.co, bagaimana hukum pendapatan yang dihasilkan oleh konten kreator Masbram9866 yang diperoleh dari penonton, dan bagaimana hukum pendapatan yang dihasilkan oleh saweria.co dari pemotongan hadiah milik Masbram9866? Akad hadiah bagian dari akad tabarru’ yang tujuannya untuk saling tolong menolong. Sedangkan akad ijarah bagian dari akad tijarah yang dimaksudkan dengan tujuan bisnis atau untuk memperoleh keuntungan. Kerangka pemikiran yang digunakan oleh penulis yaitu Al-Baqarah ayat 233, kaidah fiqh اَلضَّرَرُ يُزَالُ dan لَاضَرَر وَلاَ ضَرَارَ Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif analitis dengan jenis pendekatan penelitian kualitatif, yaitu bertujuan untuk memberikan gambaran yang sesuai dengan fakta yang terjadi. Jenis data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil kesimpulan dari penelitian ini adalah 1. Konten kreator Masbram9866 mendapatkan pendapatan tambahannya dari dana dukungan penonton melalui website saweria.co saat ia melakukan live streaming di YouTube. 2. Akad antara konten kreator Masbram9866 dengan penonton adalah hadiah. Terdapat satu rukun yang tidak terpenuhi yaitu identitas pemberi hadiah (wahib) tidak diketahui sehingga menimbulkan gharar. Maka dari itu akad yang tidak sah ini berdampak pada pendapatan yang dimiliki konten kreator Masbram9866. 3. Akad antara konten kreator Masbram9866 dengan saweria.co adalah ijarah. Saweria.co menjadi pihak ke tiga sebagai jasa penyedia media berbagi berhak mendapat ujrahnya, yaitu 5% dari setiap transaksi dan Rp. 5.000 dari setiap penarikan uang. Hukumnya Sah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hadiah; Ijarah; Perolehan Pendapatan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Ardilivia Dina Asni
Date Deposited: 28 Aug 2024 02:48
Last Modified: 28 Aug 2024 02:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94349

Actions (login required)

View Item View Item