Klasifikasi pengenenalan huruf hijaiyah pada bahasa isyarat Arab menggunakan transfer learning effecientnetb1

Putri, Diani Eka and Jumadi, Jumadi and Nurlatifah, Eva (2025) Klasifikasi pengenenalan huruf hijaiyah pada bahasa isyarat Arab menggunakan transfer learning effecientnetb1. JIPI Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika, 10 (3). ISSN 2540-8984 (Submitted)

[img] Text
12. LOA Diani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy

Abstract

Individu Muslim dengan gangguan pendengaran sering menghadapi tantangan dalam mempelajari Al-Qur'an, terutama karena kurangnya sistem pendukung untuk pembelajaran bahasa isyarat Arab. Bahasa isyarat memainkan peran penting dalam memfasilitasi komunikasi yang efektif bagi mereka yang mengalami kesulitan pendengaran. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengenalan Bahasa Isyarat Arab (ArSL) dengan menggunakan Convolutional Neural Network (CNN) dan pendekatan Transfer Learning menggunakan model pre-trained EfficientNetB1. Sistem ini dirancang untuk mengidentifikasi gerakan bahasa isyarat Arab dari dataset yang terdiri dari 28 huruf Hijaiyah, dengan masing-masing huruf memiliki 100 citra. Pengujian dilakukan pada model dengan empat skenario berbeda untuk menemukan konfigurasi yang paling optimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan membekukan 30% lapisan awal model selama fine-tuning menghasilkan akurasi 98.95% pada data train dan 99.52% pada data validation. Pada data test, model mencapai performa terbaik dengan accuracy, precision, recall, dan f1-score masing-masing sebesar 100%.

Item Type: Article
Additional Information: terbit tahun depan
Uncontrolled Keywords: Bahasa Isyarat Arab; Convolutional Neural Network; EfficientNetB1; Fine Tuning; Transfer Learning
Subjects: Arabic
Data Processing, Computer Science
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ilham Nurfauzi
Date Deposited: 29 Aug 2024 06:40
Last Modified: 29 Aug 2024 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94643

Actions (login required)

View Item View Item