Peran galeri Rasulullah SAW sebagai wahana edukasi sejarah agama Islam: Studi di Masjid Al-Jabbar

Melani, Wulan (2024) Peran galeri Rasulullah SAW sebagai wahana edukasi sejarah agama Islam: Studi di Masjid Al-Jabbar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover Wulan Melani.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak Wulan Melani.pdf

Download (608kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_ Daftar Isi Wulan Melani.pdf

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_ Bab 1 Wulan Melani.pdf

Download (781kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_ Bab 2 Wulan Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB)
[img] Text (BAB III)
6_ Bab 3 Wulan Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text (BAB IV)
7_ Bab 4 Wulan Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_ Bab 5 Wulan Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka Wulan Melani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (840kB)

Abstract

Galeri Rasulullah merupakan sebuah inisiatif untuk memperkenalkan dan memperluas pemahaman masyarakat terhadap kehidupan dan ajaran Rasulullah SAW. Galeri ini tidak hanya berfokus pada sejarah kehidupan beliau, tetapi juga menyajikan berbagai artefak dan benda bersejarah yang terkait dengan perjalanan hidupnya. Melalui pameran interaktif, pengunjung dapat mengeksplorasi nilai-nilai universal seperti kedermawanan, keadilan, dan perdamaian yang diajarkan oleh Rasulullah. Galeri Rasulullah tidak hanya berfungsi sebagai tempat pendidikan dan pengajaran, tetapi juga sebagai pusat harmoni dan pengertian antarumat beragama dalam menyampaikan pesan kasih sayang dan pengampunan beliau kepada umat manusia. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana galeri Rasulullah di Masjid Al Jabbar kota Bandung memberikan pemahaman mengenai edukasi sejarah Islam kepada masyarakat. Penulis menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menguraikan suatu peristiwa atau fenomena yang berkaitan dengan penelitian penulis. Kemudian Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan sosiologi agama perspektif Emile Durkheim yang membahas teori fungsional dan peneliti juga mengaitkan dengan teori Bruninghaus dan Knubel yang membahas mengenai edukasi sejarah dan peneliti mewawancarai narasumber yang meneliti pokok permasalahan tentang peran galeri rasulullah sebagai wahana edukasi sejarah agama Islam. Hasil dari penelitian ini galeri Rasulullah memiliki peran penting dalam pendidikan sejarah Islam, menggiring kepada pandangan bahwa dengan adanya galeri Rasulullah para pengunjung memiliki rasa penasaran yang tinggi akan isi dari galeri Rasulullah. Rasa ingin tahu pengunjung akan galeri Rasulullah ini juga muncul ketika mereka pertama kalinya mengunjungi Masjid Al-Jabbar di kota Bandung. Dalam kunjungan ke galeri Rasulullah pengunjung mengungkapkan bahwa galeri Rasulullah mempengaruhi pandangan serta pemahaman para pengunjung akan sejarah Islam. Kunjungan ke geleri Rasulullah juga memberikan pengalaman emosional dan spiritual yang mendalam. Setelah mengunjungi galeri Rasulullah ini juga dapat membangkitkan rasa kebanggaan pengunjung terhadap identitas Muslim. Pengunjung juga merasa puas atas materi yang disampaikan oleh pamandu galeri Rasulullah. Dengan adanya galeri tersebut pengunjung berpandangan bahwa galeri Rasulullah itu menambah pemahaman pengunjung tentang warisan budaya Islam dan kontribusi Islam terhadap peradaban manusia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Edukasi; Islam; Rasulullah
Subjects: Islam > Islamic History
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Wulan Melani Bulan
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:22
Last Modified: 30 Aug 2024 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/94709

Actions (login required)

View Item View Item