Nurdyanti, Intan (2024) Pengaruh model RICOSRE berbantu Powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (443kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (760kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (930kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) | Request a copy |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu keterampilan penting bagi siswa di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantu powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MA Negeri di Kabupaten Tasikmalaya dengan dua kelas penelitian yang dipilih melalui purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik, dengan persentase 97% pada aktivitas guru dan 93% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,54 (sedang) dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t’ menunjukkan hasil Sig.2-tailed 0,020 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Data tersebut diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,69 (sedang) dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran sebesar 78,6% (baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantu powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Pemecahan Masalah; Perubahan Lingkungan; Powtoon; RICOSRE |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Intan Nurdyanti |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95071 |
Actions (login required)
View Item |