Pengaruh model RICOSRE berbantu Powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan

Nurdyanti, Intan (2024) Pengaruh model RICOSRE berbantu Powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (760kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (930kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah adalah salah satu keterampilan penting bagi siswa di abad ke-21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantu powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain non-equivalent pretest-posttest control group. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu MA Negeri di Kabupaten Tasikmalaya dengan dua kelas penelitian yang dipilih melalui purposive sampling. Keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa di kelas eksperimen mencapai kriteria sangat baik, dengan persentase 97% pada aktivitas guru dan 93% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah di kelas eksperimen memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,54 (sedang) dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t’ menunjukkan hasil Sig.2-tailed 0,020 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Data tersebut diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,69 (sedang) dan rata-rata respon siswa terhadap pembelajaran sebesar 78,6% (baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE berbantu powtoon terhadap peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa pada materi perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Pemecahan Masalah; Perubahan Lingkungan; Powtoon; RICOSRE
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Intan Nurdyanti
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:22
Last Modified: 02 Sep 2024 07:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95071

Actions (login required)

View Item View Item