Respons pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L) terhadap pemberian berbagai takaran pupuk kasgot media kotoran sapi

Nurastuti, Maghfira Putri (2024) Respons pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L) terhadap pemberian berbagai takaran pupuk kasgot media kotoran sapi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)

Abstract

Bawang merah (Allium ascalonicum L.) merupakan tanaman yang berasal dari komoditas hortikultura. Meningkatnya permintaan konsumen terhadap kebutuhan bawang merah belum seimbang dengan laju produksinya. Pengoptimalan pemupukan menjadi salah satu hal dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil produksi lahan. Limbah peternakan merupakan limbah organik yang menimbulkan pencemaran lingkungan karena mengeluarkan aroma yang tidak sedap salah satunya yaitu limbah kotoran sapi. Limbah kotoran sapi dapat dimanfaatkan dengan mengolahnya menjadi pupuk organik melalui maggot untuk menghasilkan pupuk organik kasgot. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kasgot media kotoran sapi dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) dan mengetahui takaran pupuk kasgot media kotoran sapi yang paling efektif dalam meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.). Penelitian dilaksanakan di lahan Desa Sukarapih, Kecamatan Sukasari, Sumedang, Jawa Barat selama bulan Februari 2024 sampai dengan April 2024. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) yang memiliki 5 taraf ulangan dan 5 ulangan. Perlakuan yang diberikan yaitu A (kontrol) = tanpa perlakuan; B = Kasgot 13 t ha-1; C = Kasgot 14 t ha-1; D = kasgot 15 t ha-1; E = kasgot 16 t ha-1. Parameter pengamatan pada penelitian ini yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, jumlah umbi, indeks panen, dan bobot umbi segar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemberian pupuk kasgot media kotoran sapi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L.) serta dosis 13 t ha-1 merupakan dosis yang paling optimal terhadap laju pertumbuhan dan hasil produksi tanaman bawang merah (Allium ascalonicum L)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bawang merah; media kotoran sapi; pupuk kasgot
Subjects: Farm, Farming
Farm, Farming > Education, Research, Related Topics of Agriculture
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Pertanian/Agroteknologi
Depositing User: Maghfira Putri Nurastuti
Date Deposited: 02 Sep 2024 07:49
Last Modified: 02 Sep 2024 07:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95217

Actions (login required)

View Item View Item