Penerapan model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan motivasibelajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Pre-Experiment terhadap siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung

Firdausia, Salsabila (2024) Penerapan model Contextual Teaching and Learning untuk meningkatkan motivasibelajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak: Penelitian Pre-Experiment terhadap siswa kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari pembelajaran Akidah Akhlak yang merupakan salah satu mata pelajaran penting yang bertujuan mengembangkan nilai-nilai dan ajaran Islam di kalangan siswa. Namun, pembelajaran Akidah Akhlak khususnya di MTs Ar-Rosyidiyah menghadapi tantangan seperti rendahnya motivasi belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang kurang optimal. Penerapan model pembelajaran yang inovatif diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar mereka. Model Contextual Teaching and Learning adalah model pembelajaran yang dapat memberikan suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif, serta meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan Model Contextual Teaching and Learning pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs A-Rosyidiyah, (2) Motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VII di MTs Ar-Rosyidiyah, dan (3) Pengaruh penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap motivasi belajar siswa di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah. Penelitian ini disumsikan bahwa model CTL dapat meningkatkan keterlibatan siswa, pengembangan keterampilan sosial, motivasi belajar, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Atas dasar hal tersebut maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat peningkatan motivasi belajar siswa secara signifikan setelah menerapkan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain One Group Design Pretest-Posttest. Sampel penelitian terdiri dari satu kelas yaitu kelas VII C berjumlah 25 siswa di MTs Ar-Rosyidiyah. Data dikumpulkan melalui penyebaran pre-test dan post-test berupa angket kuesioner untuk mengukur motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model Contextual Teaching and Learning. Analisis data yang digunakan menggunakan teknik statistik deskriptif, uji normalitas, dan uji Paired Sample T-Test uji-T untuk mengetahui adanya pengeruh penerapan model Contextual Teaching and Learning terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak mengalami peningkatan setelah adanya penerapan model Contextual Teaching and Learning. Peningkatan ini dapat dilihat dari analisis hasil obsevasi dan angket. Penerapan model Contextual Teaching and Learning pada proses pembelajaran menunjukan pada pertemuan pertama skor observasi mencapai 75%, pada pertemuan kedua skor observasi meningkat menjadi 81% yang mana termasuk kedalam kategori sangat baik. Motivasi belajar siswa sesudah diterapkan model Contextual Teaching and Learning terdapat peningkatan. Berdasarkan nilai rata-rata pretest sebesar 68.08, meningkat menjadi 79.60 yang menjadi nilai rata-rata posttest. Penerapan Model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa secara signifikan pada mata Pelajaran Akidah Akhlak di kelas VII MTs Ar-Rosyidiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning; Motivasi Belajar Siswa; Akidah Akhlak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: salsabila firdausia firdausia
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:40
Last Modified: 03 Sep 2024 05:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95437

Actions (login required)

View Item View Item