Sakralitas objek wisata religi: Studi kasus di Makam Raden Aria Wiratanu Datar atau Eyang Dalem Cikundul di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur

Fauzi, Muhamad Amin (2024) Sakralitas objek wisata religi: Studi kasus di Makam Raden Aria Wiratanu Datar atau Eyang Dalem Cikundul di Desa Cijagang, Kecamatan Cikalong Kulon, Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Makam Raden Aria Wiaratanu Datar atau Eyang Dalem Cikundul adalah suatu cagar budaya yang terdapat di Desa Cijagang Kecamatan Cikalong Kulon Kabupaten Cianjur. Makam ini menjadi keramat dan menjadi bangunan yang banyak di kunjungi para peziarah, karena perjuangan beliau yang sangat besar dalam menyebarkan agama Islam di Kabupaten Cianjur dan sekitarnya. Beliau juga adalah bupati pertama Kabupaten Cianjur. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan yang dilakukan oleh pengelola Wisata Religi Makam Raden Aria Wiratanu Datar dan mengetahui bagaimana keterlibatan masyarakat dalam pengelolaan makam tersebut. Pendekatan ilmu yang dipakai dalam penelitian ini yaitu pendekatan Antropologi, jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Untuk teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan sumber datanya dengan menggunakan data primer yang dikumpulkan dari hasil observasi, wawancara secara langsung dan data sekunder yang dikumpulkan dari sumber penelitian orang lain yang dipublikasikan secara umum, data tersebut dianalisis menggunakan teori sakralitas Mircea Eliade tentang sakral dan propan. Hasil dari penelitian ini bahwa sakralitas di makam Raden Aria Wiratanu Datar yaitu sakral meliputi : pertama, ritual yang dilakukan di makam Raden Aria Wiratanu Datar yaitu dzikir, shalawat, tasbih, tahmid dan lain-lain, yang bisa kita kenal dengan sebutan tahlil. Kedua, tasyakuran mengungkapkan rasa syukur mereka kepada Allah SWT dengan washilah kekaramatan dan keberkahan Raden Aria Wiratanu Datar. Ketiga, memperingati hari jadi kabupaten Cianjur setiap mengadakan kegiatan tradisi kuda kosong dan Bupati yang sedang mejabat diharuskan untuk datang mengunjungi / berziarah ke makam Raden Aria Wiratanu Datar. Sedangkan propan meliputi : petama, Haul atau sering disebut peringatan satu tahun meninggalnya seseorang. Khaul yang diadakan di Makam Raden Aria Wiratanu Datar bertujuan untuk mengenang perjuangan tokoh tersebut. Kedua, Kegiatan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) seperti rajaban, muludan (memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW), muharaman (memperingati tahun baru islam), sekaligus santunan anak yatim.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Sakralitas; Sakral dan propan; Pengembangan; Religi
Subjects: General Management > Research and Development Management (R and D)
Area Planning > Plans for Utilities
General Principles of Music and Musical Form
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Muhamad Amin Fauzi
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:22
Last Modified: 03 Sep 2024 03:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95479

Actions (login required)

View Item View Item