Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan mie kering dengan penambahan pewarna alami untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif

Shannie, Melati Aulia (2024) Penerapan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan mie kering dengan penambahan pewarna alami untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab 4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)

Abstract

Lembar kerja berbasis proyek digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa terutama pada materi kimia aditif dengan menggunakan bahan alami. Kemampuan berpikir kreatif sangat penting bagi siswa karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan menghasilkan karya atau produk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menerapkan lembar kerja berbasis proyek pada pembuatan mie kering dengan penambahan pewarna alami. Metode penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain penelitian yang digunakan one shot case study. Subjek penelitian siswa kelas X dan XI yang mengikuti ekstrakulikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR). Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, deskripsi pembelajaran, lembar kerja berbasis proyek, lembar penilaian (kinerja, produk, packaging, poster dan presentasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan lembar kerja berbasis proyek terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata 88,88%. Kemampuan berpikir kreatif siswa tiap tahapan secara keseluruhan sangat kreatif dengan nilai rata-rata 95,27 berada pada level 4. Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa lembar kerja berbasis proyek mampu mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: lembar kerja berbasis proyek; kemampuan berpikir kreatif,; mie kering; pewarna alami
Subjects: Education
Chemistry and Allied Science > Chemists
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Melati Aulia Shannie
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:05
Last Modified: 03 Sep 2024 02:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95534

Actions (login required)

View Item View Item