Peran pondok pesantren terhadap perilaku toleransi santri: Studi deskriptif pada Pondok Pesantren Modern Nurussalam

Akbar, Danis Muhamad (2024) Peran pondok pesantren terhadap perilaku toleransi santri: Studi deskriptif pada Pondok Pesantren Modern Nurussalam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (727kB)

Abstract

Perilaku toleransi sudah sepatutnya ada dalam setiap individu, terutama toleransi beragama. Karena Indonesia adalah Negara yang di dalamnya memiliki berbagai macam perbedaan terutama perbedaan kepercayaan, maka toleransi ini harus selalu di junjung tinggi. Pondok Pesantren sebagai lembaga pendidikan berbasis agama islam sudah eksis sejak dulu di kalangan masyarakat Indonesia, karena Pondok Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam, tentunya ketika merujuk pada ajaran agama Islam mengenai persaudaraan, Pondok Pesantren akan mengajarkan toleransi kepada santrinya. Dalam membentuk perilaku toleransi dalam diri santri, ustadz menjadi figur utama selaku pendidik sekaligus pembimbing. Bentuk pembinaan yang dilakukan oleh ustadz terhadap santri tentunya beragam sesuai dengan tempat dan kebutuhan santri. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori Talcott Parsons tentang sistem sosial. Pondok Pesantren merupakan sistem sosial karena di dalamnya terdapat individu yang berbeda yang saling berinteraksi dan memiliki satu tujuan yang sama. Dalam membentuk sebuah sistem sosial untuk memiliki tujuan yang sama, Talcott Parsons mengenalkan empat skema yaitu AGIL (adaptation, goal attainment, integration, latency) yang bisa membuat sebuah sistem sosial mampu menerima perubahan- perubahan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwasanya ustadz di Pondok Pesantren Modern Nurussalam dalam membina santrinya memerlukan bantuan yang dibentuk oleh ustadz dan kiai itu sendiri. Serta dalam mencapai tujuan yaitu agar santri memiliki perilaku toleransi, ustadz dibantu dengan organisasi yang dibentuk telah menjalankan skema AGIL ini secara tidak sadar. Sehingga santri mampu menerima semua perubahan-perubahan atau aturan-aturan yang akan menghasilkan perilaku toleransi dalam diri santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: peran; Perilaku Toleransi; Moderasi Beragama
Subjects: Religious Mythology > Interreligious Relations
Religious Education
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Danis Muhamad Akbar
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:38
Last Modified: 03 Sep 2024 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95583

Actions (login required)

View Item View Item