Tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Plus Al-Hikam Sumedang

Khomsah, Zahro Wafiqoh (2024) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian pada siswa kelas VII MTs Plus Al-Hikam Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTRA PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang dilakukan di MTs Plus Al-Hikam. Ditemukan bahwa guru menggunakan media Youtube dalam pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. namun, tidak dapat dibantah masih ditemukan siswa yang rendah motivasi belajarnya pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam seperti kurangnya kehadiran, partisipasi aktif dan kurangnya kesadaran siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) Realitas tanggapan siswa kelas VII MTs Plus Al-Hikam Sumedang terhadap penggunaan media Youtube dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 2) Realitas motivasi belajar siswa kelas VII MTs Plus Al-Hikam Sumedang pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Penelitian ini berdasarkan pemikiran bahwa penggunaan media pembelajaran menjadi salah satu faktor motivasi dalam pembelajaran didukung dengan adanya tanggapan positif atau negatif dari siswa. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube dalam pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran Sejarang Kebudayaan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif korelasi. Terdapat 109 populasi siswa dan 52 sampel siswa yang diambil dari kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket/kuesioner, dan dokumentasi, dengan analisis data menggunakan bantuan program SPSS 24. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pembelajaran berkategori baik, karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 77,87; 2) Motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam berkategori cukup, karena nilai rata-rata yang diperoleh sebesar 60,29; 3) Hubungan tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube dalam pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dilihat berdasarkan hasil uji korelasi yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 ˂ 0,05 dan nilai koefisien korelasi 0,108. Adapun berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diketahui nilai thitung sebesar 5,478 > nilai ttabel sebesar 2,009 sehingga dapat dipahami bahwa H0 ditolak. Berdasarkan hasil pengujian tersebut dinyatakan bahwa hipotesis diterima, yaitu terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel tanggapan siswa terhadap penggunaan media Youtube (X) dengan motivasi belajar siswa (Y) memiliki kriteria hubungan sangat rendah. Kata Kunci : Media Youtube, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Youtube; Motivasi Belajar; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: khomsah zahro wafiqoh
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:45
Last Modified: 03 Sep 2024 05:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95588

Actions (login required)

View Item View Item