Pemahaman dan implementasi ayat-ayat tentang Lebah dan Madu oleh pembudi daya Lebah Trigona

Putri, Sylvie Barina (2024) Pemahaman dan implementasi ayat-ayat tentang Lebah dan Madu oleh pembudi daya Lebah Trigona. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (917kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang pemahaman dan implementasi ayat-ayat tentang lebah dan madu oleh pembudidaya lebah Trigona di Taman Trigona Mangsit. Keistimewaan lebah dan madu telah Allah SWT bahas dengan jelas dalam al-Qur’an. sudah semestinya dipahami dengan baik oleh kita sebagai makhluk yang dikaruniai akal. Melalui keistimewaannya yang begitu banyak dan memberikan segudang manfaat untuk manusia sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga kelestarian populasi lebah dan madu. Namun, pada kenyataannya masih ada yang belum memahami ayat-ayat tersebut dengan baik, dan ditemukan kasus keberadaan lebah yang hampir terancam punah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman dan implementasi yang dilakukan oleh pembudidaya lebah Trigona yang ada di Taman Trigona Mangsit. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Serta pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Langkah-langkah penelitiannya adalah dengan mengkaji seluruh data yang diperoleh baik data primer maupun sekunder, dikaji menggunakan metode kualitatif terhadap fenomena yang ada di lapangan. Adapun hasil penelitian melalui wawancara dapat disimpulkan bahwa pemahaman para anggota pengelola Taman Trigona Mangsit mengenai ayat-ayat lebah dan madu dalam al-Qur’an termasuk ke dalam pemahaman tingkat awal yaitu menerjemahkan. hal ini dapat dijadikan bukti bahwa para anggota pengelola sudah mampu memahami maksud dari ayat-ayat tersebut, meskipun masih dalam tahap menerjemahkan. para pembudidaya pun memahami seputar lebah dan madu berdasarkan perspektif ilmu pengetahuan modern. Dapat disimpulkan bahwa Pembudidaya di Taman Trigona Mangsit memaknai ayat lebah ini sebagai perintah guna memelihara ekosistem dan menjaga populasi lebah, mereka memahami bahwa madu mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, sehingga mereka berupaya akan memproduksi madu dengan mengutamakan kualitas, diperkuat dengan pemahaman mereka yang berasal dari ilmu modern seputar lebah dan ilmu budi dayanya. mengingat dari banyaknya kegunaan dari madu tersebut pihak pembudidaya di Taman Trigona Mangsit ini menjadikan kegiatan budi daya sebagai sebuah peluang untuk melakukan usaha yang menguntungkan. Sehingga antara pemahaman ayat dengan implementasi yang dilakukan saling berkaitan satu sama lain. melalui teori tersebut juga mendukung kita untuk tidak hanya memahami ayat al-Qur’an secara harfiah saja. Melainkan bagaimana memahaminya secara lebih mendalam, hingga mampu mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lebah; Madu, Pemahaman; Implementasi
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Animals, Zoology, Wildlifes
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Sylvie Barina Putri
Date Deposited: 08 Sep 2024 06:58
Last Modified: 08 Sep 2024 06:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95682

Actions (login required)

View Item View Item