Rini Srimulyani, Rini (1210205074) (2014) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token terhadap Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematik Siswa (Penelitian Eksperimen pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Prisma dan Limas di kelas VIII SMP Negeri 30 Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (690kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (101kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (97kB) |
Abstract
Kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa dinilai masih rendah. Oleh karena itu, diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran kooperatif tipe Time Token menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemahaman dan komunikasi matematik siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (a) Aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token; (b) Perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (c) Perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik berdasarkan keseluruhan dan kategori KAM siswa; (d) Sikap siswa terhadap pembelajaran kooperatif tipe Time Token. Hasil penelitian sebagai berikut: (a) Rata-rata aktivitas guru dan siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token mengalami peningkatan. (b) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pamahaman matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (c) Dari hasil analisis gain ternomalisasi yang selanjutnya dilakukan uji ANOVA dua jalur diperoleh terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token dengan pembelajaran konvensional berdasarkan KAM. (d) Secara keseluruhan sikap siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Time Token menunjukkan respon positif terhadap semua aspek yang diamati.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Time Token, pemahaman matematik, komunikasi matematik, pembelajaran matematika. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Mathematics > Research Methods of Mathematics Geometry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 11 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 03:32 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 04:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/959 |
Actions (login required)
View Item |