Nurhusni, Firgina Amelia (2024) Pengaruh penggunaan multimedia terhadap motivasi dan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas X SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Secara umum penelitian ini dilaksanakan berdasarkan latar belakang masalah yakni: hasil observasi dan wawancara awal diperoleh motivasi belajar siswa menurun terlihat dari kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI, suasana belajar kurang kondusif, serta kurangnya paritipasi siswa dalam berdisukusi. Hal ini menyebabkan hasil belajar kognitif siswa kurang optimal. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap motivasi belajar siswa di SMA Muhammadiyah 4 Bandung; 2) Pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAI di SMA Muhammadiyah 4 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen, jenis data yang digunakan data kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan studi dekumentasi untuk melengkapi data yang dibutuhkan saat penelitian. Analisis data diolah menggunakan analisis statistik dengan menenmpuk analaisis regresi linier sederhana dan uji independen sampel tes. Adapun teori yang digunakan yaitu motivasi belajar menurut Cucu Suhana. Indikator motivasi belajar antara lain dapat dilakukan melalui durasi belajar, sikap terhadap belajar, frekuensi belajar, konsisten terhadap belajar, kegigihan dalam belajar, loyalitas terhadap belajar, visi dalam belajar, dan achievement dalam belajar. Adapun teori hasil belajar kognitif menurut Benjamin S. Bloom terdapat enam ranah yaitu, mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mencipta. Berdasarkan analisis data diperoleh simpulan bahwa: 1) Terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap motivasi belajar dengan perolehan nilai sig = 0,000 nilai ini lebih kecil dari < 0,05 yang berarti H0 ditolak. Pengaruh variabel bebas (multimedia) terhadap variabel terikat (motivasi belajar) sebesar 49.8%. 2) pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar kognitif siswa. Dengan perolehan nilai (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,000 dimana lebih kecil dari nilai Sig 0,05 sehingga keputusan hipotesis adalah H0 ditolak atau Ha diterima, maka penggunaan multimedia efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan uji Independen Test terlihat bahwa nilai Sig.2-tailed adalah 0,000 nilai ini lebih kecil ( ) dari 0,05. dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima, maka terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa pada pembelajaran PAI antara pembelajaran yang menggunakan multimedia dengan pembelajaran menggunakan ceramah, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan multimedia terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia; kognitif; motivasi; pendidikan agama islam |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Firgina Amelia Nurhusni |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:35 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/95985 |
Actions (login required)
View Item |