Fadilah, Silva Nur (2024) Penerapan model Discovery Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada siswa kelas XI SMA Al-Hidayah Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_babI.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_babII.pdf Restricted to Registered users only Download (312kB) |
||
Text (BAB III)
6_babIII.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text (BAB IV)
7_babIV.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) |
||
Text (BAB V)
8_babV.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di SMA Al-Hidayah Kabupaten Bandung untuk mengevaluasi masih rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam ditemukan penggunaan model pembelajaran masih menggunakan model atau metode konvensional, yang mana model ini masih dianggap terlalu membosankan menurut siswa kelas XI yang bersangkutan. Oleh karena itu, peneliti mencoba untuk menerapkan model pembelajaran discovery learning pada pembelajaran PAI untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada Mata pelajaran PAI di kelas XI SMA AlHidayah Kabupaten Bandung. 2) Kemampuan berpikir kritis Siswa pada Mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Al-Hidayah Kabupaten Bandung. 3) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan penerapan model Discovery Learning pada mata pelajaran PAI di SMA Al-Hidayah Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada hasil pemikiran bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI dapat ditingkatkan melalui berbagai macam model pembelajaran yang digunakan, salah satunya adalah model pembelajaran Discovery Learning. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin tepat penggunaan model pembelajaran Discovery Learning, maka akan meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Quasy Eksperiment dengan desain Non Equivalent Control Group. Pada penelitian ini terdapat kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah keseluruhan sampel yakni 50 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan tes. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah statistik deskriptif, Uji N-Gain, Uji normalitas, Uji homogenitas, dan Uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran Discovery Learning pada Mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Al-Hidayah Kabupaten Bandung terlaksana dengan baik efektif dan efisien. 2) Kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran PAI yakni 59,00 nilai kelas eksperimen dan 45,00 nilai kelas kontrol. 3) terdapat peningkatan yang cukup signifikan antara penerapan model discovery learning terhadap kemampuan berpikir kritis siwa di kelas eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji N-Gain yang mana hasil persentase uji N-Gain Score pada penelitian ini yakni 59,5% yang mana menunjukkan hasil nilai tersebut berada pada kategori “Cukup Efektif”. Kata Kunci: Pembelajaran, Penemuan, Pendidikan, Agama, Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Penemuan; Pendidikan; Agama; Berpikir Kritis |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Silva Nur Fadilah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 07:33 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 07:33 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96185 |
Actions (login required)
View Item |