Hamdan, Sumayyah (2024) Bimbingan Islam terhadap anak menurut surat Luqman ayat 12-19 dalam tafsir Ibnu Katsir, Buya Hamka, dan Jalalain: Penelitian literasi studi konten analisis tafsir Ibnu Katsir, Buya Hamka, dan Jalalain. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (70kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (343kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) | Request a copy |
Abstract
Bimbingan yang paling mendasar berasal dari kedua orang tua. Mereka adalah madrasah pertama bagi seorang anak, seperti yang telah ditunjukkan dari zaman dahulu. Zaman dahulu sudah terdapat Bimbingan Islam yang diajarkan kepada anak-anak dari usia sejak dini, Bimbingan Islam tersebut terdapat dalam ajaran Islam yang mempelajari Iman, Islam dan Ihsan. Salah satu perasaan yang Allah tanamkan di dalam hati kedua orang tua adalah rasa sayang kepada anak-anak. Ini adalah perasaan mulia di dalam mendidik anak dan mempersiapkan mereka memperoleh hasil yang terbaik dan pengaruh yang besar, hal ini telah diterapkan oleh Luqman Al Hakim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Bimbingan Islam Terhadap Anak dalam Surat Luqman Ayat 12-19 menurut Tafsir Ibnu Katsir, Buya Hamka, dan Jalalain. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan Islam upaya membantu individu belajar mengembangkan fitrah atau kembali kepada fitrah dengan cara memberdayakan iman, akal, serta kemauan yang dikaruniakan Allah kepadanya untuk mempelajari tuntunan Allah dan rasul-Nya, agar fitrah yang ada pada individu berkembang dengan benar dan kokoh sesuai dengan tuntunan Allah Swt. Metode penelitian ini menggunakan analisis isi (Content analysis), yaitu suatu teknik penelitian untuk membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru (replicable) dan shahih dengan memperhatikan konteksnya. Hasil penelitian dari bimbingan Islam terhadap anak dalam surat Luqman ayat 12-19 menurut Tafsir Ibnu Katsir, Buya Hamka, dan Jalalain menunjukkan bimbingan Islam terhadap anak dengan cara: 1) Bersyukur, 2) Tidak mempersekutukan Allah Swt, 3) Berbakti kepada kedua orang tua, 4) Amar ma’ruf dan nahi mungkar, 5) Tidak sombong, sederhana dalam berjalan, dan lunakkan suara dalam berbicara
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Islam; Anak; Surat Luqman ayat 12-19 |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Sumayyah Sumayyah hamdan Sumayyah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 03:13 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 03:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96192 |
Actions (login required)
View Item |