Az Zahra, Alifah (2024) Bimbingan baca Al-Qur'an dengan metode tilawati untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur'an ibu-ibu: Penelitian pada kelompok pengajian rumahan di Tridaya Sakti Tambun Selatan Bekasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (290kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (371kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
Abstract
Al-Qur'an adalah pedoman hidup umat Islam, dan perintah pertama Allah adalah membaca. Meskipun banyak ibu-ibu aktif dalam pengajian, tidak semua mampu membaca Al-Qur'an dengan benar sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf. Bimbingan dengan metode yang tepat, seperti metode Tilawati, sangat penting untuk memastikan bacaan sesuai kaidah. Metode Tilawati, yang menggabungkan pendekatan klasikal dan individual, efektif dalam memperbaiki pelafalan dan meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an. Penelitian ini akan mengevaluasi penerapan metode Tilawati di kelompok pengajian rumahan di Tridaya sakti, Tambun Selatan Bekasi, untuk meningkatkan kemampuan bacaan Al-Qur'an ibu-ibu. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui kemampuan baca Al-Qur'an,(2) untuk mengetahui bimbingan membaca Al-Qur’an dengan metode Tilawati, (3) untuk mengetahui hasil bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Tilawati untuk meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an. Penelitian ini bertolak dari pemikiran pentingnya metode Tilawati dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk memastikan bacaan yang benar sesuai kaidah tajwid dan makharijul huruf. Metode ini, yang menggabungkan teknik pembelajaran klasikal dan individual, efektif untuk berbagai tingkat kemampuan peserta. Diharapkan, ibu-ibu pengajian dapat meningkatkan keterampilan membaca AlQur'an dengan benar dan konsisten, sehingga memperkuat kualitas ibadah dan pemahaman agama Islam mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.Karena tujuan penelitian ini yaitu menggambarkan secara sistematis, aktual dan faktual mengenai bimbingan baca Al-Qur’an dengan metode Tilawati di kelompok pengajian rumahan Tridaya sakti, Tambun Selatan Bekasi. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara langsung dengan pembimbing dan ibu-ibu peserta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan baca Al-Qur'an dengan metode Tilawati memberikan dampak yang baik karena evaluasi penilaian menunjukkan bahwa peserta menjadi lebih baik dan mampu membaca Al-Qur'an. Metode tilawati juga membantu peserta membaca Al-Qur'an dengan fasih sesuai dengan kaidah dan tajwid yang berlaku.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan baca Al-Qur’an; Metode Tilawati; Kemampuan Baca AlQur’an |
Subjects: | Islam Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Az Zahra Alifah |
Date Deposited: | 05 Sep 2024 04:36 |
Last Modified: | 05 Sep 2024 04:36 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96288 |
Actions (login required)
View Item |