Analisis penafsiran ayat Tasybih dalam Al-Qur'an juz 29 & 30: Kajian ilmu bayan dalam terjemah tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili

Azahra, Khalida Zia Fitrah (2024) Analisis penafsiran ayat Tasybih dalam Al-Qur'an juz 29 & 30: Kajian ilmu bayan dalam terjemah tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (274kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy

Abstract

Memahami isi dan kandungan Al-Qur’an merupakan suatu keharusan karena Al-Qur’an memegang posisi sentral bagi kehidupan manusia. Untuk menggali makna Al-Qur’an, diperlukan kemampuan dan usaha, salah satunya melalui ilmu kebahasaan. Namun tidaka jarang ditemukan para mufasir yang kurang memperhatikan aspek I’jazullughah. Disamping itu, pemahaman masyarakat terhadap Al-Qur’an seringkali bersifat literal dan tradisional, hanya diperoleh melalui terjemahan tanpa memahami kaidah kebahasaan. Hal ini tidak sesuai dengan prinsip ulumul qur’an yang berupaya memahami Al-Qur’an secara menyeluruh. Penelitian ini didasari oleh dua rumusan masalah. Bagaimana penjelasan kaidah tasybih pada ayat-ayat tentang hari kiamat dalam Al-Qur’an Juz 29 & 30 menurut Terjemah Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili, dan apa jenis tasybih serta tujuannya pada ayat-ayat tentang hari kiamat dalam Al-Qur’an Juz 29 & 30 menurut Terjemah Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara pemahaman masyarakat dengan pemahaman Al-Qur’an secara komprehensif melalui penjelasan kaidah kebahasaan tasybih, jenis tasybih serta tujuannya pada ayat-ayat tentang hari kiamat dalam Al-Qur’an Juz 29 & 30 menurut Terjemah Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan (library research) dengan hasil kajian yang disajikan secara deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, yaitu memperoleh data atau informasi dari sumber-sumber tertulis seperti buku-buku, jurnal, tesis, atau karya ilmiah lainnya. Hasil penelitian ini menemukan delapan ayat tentang hari kiamat yang mengandung gaya bahasa tasybih dalam Al-Qur’an juz 29 dan 30 menurut Terjemah Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Ayat tersebut antara lain Q.S Al-Haqqah ayat 7, Q.S Al-Ma’arij ayat 8,9 dan 43, Q.S Al-Muzammil ayat 14, Q.S An-Nazi’at ayat 46, Q.S Al-Qori’ah ayat 4 dan 5. Kemudian setelah melakukan proses analisis kaidah, jenis serta tujuan tasybih pada ayat tersebut, penulis menyimpulkan: pertama, berdasarkan kaidah tasybih, delapan ayat tersebut semuanya menyebutkan musyabbah dan musyabbah bih nya secara jelas. Kedua berdasarkan jenis tasybih, delapan ayat tersebut termasuk jenis tasybih mursal mujmal. Adapun jenis tasybih berdasarkan struktur wajh syibh atau kedua tharaf nya, terdapat 3 ayat yang termasuk kepada jenis tasybih tamtsil yaitu Q.S Al-Haqqah : 7, Q.S Al-Ma’arij : 43, dan Q.S Al-Muzammil : 14. Sedangkan 5 ayat lainnya termasuk kepada jenis tasybih ghair tamtsil, yaitu : Q.S Al-Ma’arij : 8-9, Q.S An-Nazi’at : 46, dan Q.S Al-Qari’ah : 4-5. Berdasarkan tujuan penggunaan tasybih, semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjelaskan keadaan dan ukuran musyabbah nya. Sementara dua diantara nya (Q.S Al-Haqqah : 7 dan Q.S Al-Ma’arij : 43) selain bertujuan untuk menjelaskan keadaan musyabbah nya, juga bertujuan untuk menjelekkan musyabbah nya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hari Kiamat; Tafsir Al-Munir; Tasybih
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: khalida zi khalida khalida zia
Date Deposited: 06 Sep 2024 02:03
Last Modified: 06 Sep 2024 02:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96381

Actions (login required)

View Item View Item