Hasanudin, Hasanudin (2009) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler ESB (English Smart Behaviour) terhadap motivasi belajar siswa kelas XII MAN Ciparay Tahun Ajaran 2008-2009. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (86kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari Perilaku siswa yang lebih memprioritaskan materi-materi agama daripada materi bahasa inggris, hal ini ditunjukan dengan tingkat kehadiran mereka yang lebih banyak di kelas-kelas agama daripada kelas bahasa inggris serta perilaku siswa yang sibuk beraktivitas sendiri ketika pemberian materi bahasa inggris berlangsung seperti (SMS-an, ngobrol, bercanda, dan lainnya), tidak aktif dikelas, bahkan mereka lebih memilih bolos pada jam pelajaran bahasa inggris, seperti nongkrong di kafe, main Play Station ataupun memilih tiduran di Unit Kesehatan Siswa (UKS), hal ini berbeda dengan pernyataan Dedih Suryadi selaku pembina ESB yang mengatakan bahwa siswanya yang mengikuti ESB terlihat aktif, rajin belajar dan berprestasi di kelas bahasa inggris, beliau juga menambahkan Ekstrakurikulker ESB telah berhasil mewujudkan target sekolah yang berusaha meluluskan siswanya 100% UN/UM yang salah satu mata pelajaran unggulannya adalah bahasa Inggris. Metoda penelitian yang digunakan adalah metoda penelitian Quasi Experiment. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis komparatif. Adapun pengambilan sampel dilakukan dengan menjadikan populasi sebagai populasi sasaran karena populasi kurang dari 100, sesuai dengan pernyataan Suharsimi Arikunto (1998:112) yang mengatakan apabila subjeknya kurang dari 100, lebih baik diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Berdasarkan uji coba alat ukur dan pengujian reliabilitas dengan teknik Alpha Cronbach, memiliki indeks reliabilitas sebesar 0,779. Sedangkan indeks validitas Motivasi Belajar berkisar antara 0,629 sampai dengan 0,736 dan Analisis statistik yang digunakan adalah uji U Man-Whithney dengan Berdasarkan hasil pengolahan data dan pembahasan serta pengujian hipotesis yang dilakukan dengan metode perhitungan secara statistik, maka berdasarkan hasil analisis statistik menunjukkan bahwa Kegiatan Ekstrakurikuler ESB berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MAN Ciparay Tahun ajaran 2008-2009. Alat ukur yang digunakan adalah skala ukur Motivasi Belajar yang berdasarkan karakteristik motivasi belajar siswa dari Gagne & Berliner. Alat ukur tersebut dirancang dengan menggunakan skala Likert. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa pÏ… = 0.06 (2 arah) ïƒ pÏ… = 0.03 Dengan demikian maka: pÏ… ≤ α = 0.0301 < 0.0 artinya pÏ… lebih kecil daripada α. Hal ini memiliki arti bahwa Ho ditolak dan H1 diterima, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh Ekstrakurikuler ESB terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MAN Ciparay Tahun ajaran 2008-2009.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar Siswa; Kegiatan Ekstrakurikuler; English Smart Behaviour; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 24 Mar 2016 05:15 |
Last Modified: | 22 Jan 2020 02:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
View Item |