Pengaruh Non Performing Finance (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing To Deposit Rasio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Mega Syariah tahun 2013-2023

Fauqi, Muhammad Agny Al (2024) Pengaruh Non Performing Finance (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing To Deposit Rasio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA) di PT. Mega Syariah tahun 2013-2023. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img]
Preview
Text (BAB V)
BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada pentingnya peran bank dalam mempengaruhi perkembangan ekonomi dan stabilitas keuangan suatu negara. Bank Mega Syariah dituntut untuk meningkatkan kinerjanya. Salah satu cara mendasar untuk mengevaluasi kesehatan keuangan bank adalah dengan memeriksa rasio keuangan, salah satunya Return On Assets (ROA), yang digunakan untuk mengukur efektivitas keseluruhan operasi perusahaan. ROA dipengaruhi oleh beberapa variabel, termasuk yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing To Deposit Ratio (FDR). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA), baik secara parsial maupun simultan. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan antara Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), dan Financing To Deposit Ratio (FDR) terhadap Return On Assets (ROA). Metode penelitian yang digunakan adalah dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari Laporan Tahunan PT. Bank Mega Syariah untuk periode 2013-2023, yang dapat diakses melalui website www.megasyariah.co.id. Analisis data dilakukan melalui metode deskriptif, analisis asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis korelasi, analisis determinasi, dan uji hipotesis (uji t dan uji f). Pengolahan data dilakukan menggunakan SPSS Versi 26 dan Microsoft Excel untuk analisis awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan tabel hasil uji statistik t (parsial), Non Performing Financing tidak berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Assets, dengan thitung < ttabel yaitu 0,519 < 2,571 dan nilai signifikansi 0,619 > 0,05. Operational Efficiency Ratio berpengaruh negatif signifikan terhadap Return On Assets, dengan thitung < ttabel yaitu -4,776 < 2,571 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Financing To Deposit Ratio berpengaruh positif signifikan terhadap Return On Assets, dengan thitung > ttabel yaitu 1,641 > 2,571 dan nilai signifikansi 0,145 < 0,05. Secara simultan, terdapat pengaruh positif signifikan antara Non Performing Financing, Operational Efficiency Ratio, dan Financing To Deposit Ratio terhadap Return On Assets, dengan fhitung > ftabel yaitu 13,943 > 4,737 dan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Kata Kunci : Non Performing Financing (NPF), Operational Efficiency Ratio (OER), Financing To Deposit Ratio (FDR), Return On Assets (ROA)

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Non Performing Financing (NPF); Operational Efficiency Ratio (OER); Financing To Deposit Ratio (FDR); Return On Assets (ROA)
Subjects: Econmics > Data Processing and Analysis of Economic
Financial Economics, Finance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: MUHAMMAD AGNY AL FAUQI
Date Deposited: 06 Sep 2024 05:50
Last Modified: 06 Sep 2024 05:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96585

Actions (login required)

View Item View Item