Zulfikar, Muhammad Zaldy (2024) Analisis Framing Debat Capres dan Cawapres pada Pemilihan Umum tahun 2024 : Studi komparasi portal media Online MediaIndonesia.com, Viva.co.id, dan Okezone.com edisi 12 Desember 2023 sampai 4 Februari 2024. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (366kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
Abstract
Debat calon Presiden dan calon wakil Presiden menjadi bagian penting dalam Pilpres yang merupakan rangkaian dari pemilihan umum tahun 2024 yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan debat banyak menarik perhatian media terutama yang terafiliasi dengan partai politik untuk memberitakan hal ihwal debat dengan mengambil berbagai sudut pandang pemberitaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana pembingkaian (framing) berita yang dilakukan oleh portal media online MediaIndonesia.com, Viva.co.id, dan Okezone.com terkait debat capres dan cawapres pada pemilihan umum tahun 2024 Edisi 12 Desember 2023 sampai 4 Februari 2024. Studi ini menggunakan paradigma konstruktivisme melalui pendekatan kualitatif berdasarkan teori framing model Robert N. Entman yang meliputi empat elemen dasar yaitu: Define Problems, Diagnose Causes, Make Moral Judgement, dan Treatment Recommendation terhadap tiga puluh teks berita debat capres dan cawapres. Melalui pendekatan kualitatif, studi ini tidak hanya menilai perbedaan dalam cara media online menyajikan informasi, tetapi juga menggali makna secara eksplisit maupun implisit dan akibat dari framing yang digunakan, sehingga memberikan wawasan mendalam mengenai pengaruh media online terhadap penggiringan opini publik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah komparasi untuk membandingkan bagaimana masing-masing media online membingkai peristiwa debat capres dan cawapres dalam ketiga media online tersebut. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan hasil dokumentasi yang berasal dari pemberitaan pada portal media online MediaIndonesia.com, Viva.co.id, dan Okezone.com. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, elemen define problems pada ketiga media online tersebut cenderung lebih banyak menyoroti isu-isu yang dapat menguntungkan salah satu paslon dibandingkan paslon lainnya. Kedua, elemen diagnose causes dari ketidaksepemahaman dalam visi-misi yang dijelaskan oleh para kandidat untuk memenuhi hak-hak rakyat beseta kepentingannya. Ketiga, elemen make moral judgement dimana ketiga media online mengingkan proses debat yang berlangsung sebagai tempat untuk membahas isu-isu atau permasalahan yang substantif. Keempat, elemen treatment recommendation dari ketiga media online tersebut untuk melakukan transparansi dan akuntabilitas terkait pembangunan pertahanan, kesejahteraan, dan terutama pendidikan, serta jangan membawa persoalan pribadi diluar konteks debat dan terakhir menghargai pendapat yang berbeda, serta memastikan peningkatan perekonomian lokal dan menjunjung tinggi prinsip berdemokrasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis framing; debat; capres cawapres; media online; pemilu 2024. |
Subjects: | Political Process > Election System |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik |
Depositing User: | Muhammad Zaldy Zulfikar |
Date Deposited: | 08 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 08 Sep 2024 03:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96899 |
Actions (login required)
View Item |