Peran pembimbing haji dalam meningkatkan kualitas jemaah di kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Maqdis Kota Bandung

Hardiyanti, Tanti (2024) Peran pembimbing haji dalam meningkatkan kualitas jemaah di kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah Maqdis Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (606kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy

Abstract

Dengan meningkatnya jumlah jemaah haji, maka kebutuhan mengenai bimbingan yang efektif juga pasti bertambah. Maqdis sebagai kelompok bimbingan ibadah haji dan umrah (KBIHU), bertugas memberikan panduan kepada jemaah bahkan ketika menghadapi berbagai kesulitan di Tanah Suci. Untuk meningkatkan pelaksanaan ibadah haji diperlukan suasana kondusif dan standar kualifikasi, termasuk peran leadership, sesuai dengan keputusan Dirjen PHU Nomor 146 Tahun 2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran pembimbing haji dalam interaksi hubungan antar pribadi (interpersonal) di KBIHU Maqdis. Mengetahui bagaimana peran pembimbing haji dalam aspek informasi dan komunikasi (informational) di KBIHU Maqdis. Mengetahui bagaimana peran pembimbing haji dalam mengambil keputusan (decisional) di KBIHU Maqdis. Penelitian ini menggunakan teori manajeman menurut mintzberg yaitu peran manajerial melakukan sepuluh peran penting yang dibagi ke dalam tiga kategori: Interpersonal, Informational dan Decisional. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode deskriptif bertujuan untuk menggambarkan, memaparkan dan menjelaskan data-data mengenai peran pembimbing haji di KBIHU Maqdis untuk meningkatkan kualitas jemaah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembimbing haji KBIHU Maqdis telah melaksanakan perannya dengan baik. Dalam interpersonal, pembimbing memberikan teladan dan inspirasi kepada jemaah, memimpin ibadah sesuai yang dicontohkan Rasulullah saw, dan mendekatkan jemaah kepada Al-Qur’an. Mereka juga aktif berkomunikasi dengan keluarga jemaah dan menciptakan suasana kekeluargaan. Dalam informational, pembimbing memanfaatkan berbagai sumber informasi seperti internet, santri Maqdis, dan petugas PPIH untuk mendapatkan data cuaca, penerbangan, dan prosedur perjalanan. Mereka juga menyampaikan informasi ini secara efektif melalui bimbingan manasik dan WA Group, serta mengirimkan rencana perjalanan sebelum bimbingan dilaksanakan. Dalam decisional, pembimbing menawarkan paket perjalanan tambahan, berkoordinasi dengan petugas keamanan Arab Saudi, dan memantau situasi keamanan. Mereka juga mengelola dan memberikan kebebasan kepada jemaah dalam memberikan dam, serta melakukan negosiasi efektif saat terjadi konflik di antara jemaah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Pembimbing; KBIHU; Kualitas Jemaah
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Control and Quality Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Tanti Hardiyanti
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:50
Last Modified: 09 Sep 2024 01:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96938

Actions (login required)

View Item View Item