Implementasi program Layanan Bimbingan Kelompok melalui pendekatan Andragogi dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Latifah, Wifa Fakhriyah (2024) Implementasi program Layanan Bimbingan Kelompok melalui pendekatan Andragogi dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa : Penelitian di Himpunan Mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Mahasiswa sebagai individu dewasa yang telah kompeten dan mandiri, mampu menyelesaikan masalah dan mengarahkan dirinya sendiri. Adanya keinginan dan kebutuhan akan pengetahuan dan sikap baru mahasiswa yang perlu dikembangkan agar memiliki kepribadian yang matang diperlukan pendekatan yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan dalam mengarahkan mahasiswa. Dengan budaya dan nilai-nilai yang dianut dalam suatu organisasi dapat mempengaruhi sikap dan kepribadian seseorang. Melalui program-program yang terdapat dalam suatu organisasi mahasantri berguna untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan.dan budaya belajar yang efektif. Adapun penelitian ini bertujuan untuk menganalisis program layanan bimbingan kelompok, implementasi program layanan bimbingan kelompok melalui pendekatan andragogi serta menganalisis hasil implementasi melalui pendekatan andragogi dalam mengembangkan jiwa kepemimpinan mahasiswa pada Himpunan Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah (HIMAJA) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Penelitian ini berlandaskan pemikiran dari Daryanto, Farid sebagai grand theory, bahwa bimbingan kelompok merupakan bimbingan pada individu maupun kelompok dalam membantu mengembangkan kemampuan diri, sosial, belajar, pengambilan suatu keputusan serta melakukan aktivitas tertentu sesuai tuntutan karakter yang positif melalui dinamika kelompok. Andragogi menurut Knowles sebagai middle theory dan jiwa kepemimpinan Herlina sebagai applied theory. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriftif dengan metode fenomenologi dengan memahami dan mendeskripsikan fenomena yang ada di lapagan terkait dengan bimbingan kelompok yang dilakukan oleh Pembina terhadap pengurus di HIMAJA, baik terkait program, pelaksanaan, pendekatan dan lain-lain secara utuh dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata -kata dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program bimbingan kelompok dalam himpunan mahasantri dilakukan secara periodik dan terjadwal atau secara insidental dan situasional dengan menggunakan pendekatan andragogi. Bimbingan kelompok ini menggunakan empat metode atau teknik yaitu pemberian informasi dengan penjelasan atau ceramah, dalam program Latihan Kepemimpinan Dasar Organisasi (LDKO) dan upgrading, diskusi kelompok dalam rapat kerja dan rapat anggota, teknik pemecahan masalah dalam Musyawarah Anggota (Musyag), dan teknik kegiatan kelompok dalam kepanitiaan acara HIMAJA dan bakti sosial. Teknik yang digunakan andragogi secara signifikan meningkatkan kemampuan kepemimpinan mahasiswa dalam menciptakan proses pembelajaran yang lebih sesuai bagi orang dewasa dengan mempertimbangkan kebutuhan, pengalaman, dan partisipasi mereka. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan andragogi tidak hanya efektif dalam mengembangkan keterampilan kepemimpinan, tetapi juga membentuk karakter mahasiswa yang lebih bertanggung jawab dan mandiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Kelompok; Andragogi; Jiwa Kepemimpinan; Mahasiswa
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Education > Organization of Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wifa Fakhriyah Latifah
Date Deposited: 08 Sep 2024 23:29
Last Modified: 08 Sep 2024 23:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/96978

Actions (login required)

View Item View Item