Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan zakat produktif program Z-MART dan PROKSI di Baznas Kabupaten Kuningan

Pahrussadi, Nungki (2024) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pelaksanaan zakat produktif program Z-MART dan PROKSI di Baznas Kabupaten Kuningan. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Zakat adalah ibadah sosial yang memiliki posisi strategis dan menentukan bagi pembangunan kesejahteraan umat. Potensi zakat produktif dengan pengelolaan yang baik dan amanah, akan mampu meningkatkan kesejahteraan umat serta menjadi institusi pemerataan ekonomi. Badan Amil zakat Nasional (BAZNAS) Kabpuaten Kuningan, melaksanakan program pemdayagunaan zakat produktif melalui program PROKSI dan Zakat Mart. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pelaksanaan program PROKSI dan Program Z-Mart di BAZNAS Kabupaten Kuningan serta tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap zakat produktif. Penelitian ini menggunakan kerangka teori Fiqih muamalah yang berfokus kepada al-muamalah al-adabiyah (hukum peredaran harta lewat ijab kabul/transaksi) yaitu aturan-aturan syara’ yang berkaitan dengan manusia sebagai subjek transaksi yang berdasarkan Al-Qur’an, hadist, ijma, ijtihad dan qiyas, serta bepegang kepada prinsip-prinsip, asas-asas dan fungsi hukum ekonomi syariah. Pendekatan penelitian ini mengggunakan pendekatan yuridis empiris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Lokasi penelitian pada Lembaga BAZNAS Kabupaten Kuningan. Teknik Pengumpulan data Interview (Wawancara), Studi dokumen dan Studi Kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan, pertama, pelaksanaan Program Mustahiq Pengusaha Kuningan atau disingkat PROKSI di BAZNAS Kabupaten Kuningan, berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan program. Kriteria penyeleksian calon penerima manfaat program sesuai dengan kriteria 8 aṣnâf yang tercantum dalam surat at-Taubah ayat 60. Penyaluran zakat dan pelaksanaan program sesuai dengan prinsip ekonomi syariah yaitu kepemilikan harta, keadilan sosial dan keberkahan harta. Kedua, Pelaksanaan program Zakat Mart di BAZNAS Kabupaten Kuningan telah mencapai keberhasilan dalam pelaksanaannya program. Keberhasilan yang telah dicapai yaitu: Adanya peningkatan profit para mustahiq; Membangun SOP baru terkait penerima manfaat; lahirnya aplikasi Zakat Pay atau Z-Pay untuk kemudahan dan keberlanjutan program PROKSI dan Z-Mart oleh para pendamping; dan dibentuk koperasi yang menjadi mitra BAZNAS Kabupaten Kuningan. ketiga, pelaksanaan program pendayagunaan zakat pada program PROKSI dan Z-Mart BAZNAS Kabupaten Kuningan dari perspektif hukum ekonomi syariah menunjukkan bahwa kedua program ini telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah dalam pengelolaan zakat produktif. Program PROKSI dan Z-Mart berfokus pada pemberdayaan mustahik melalui bantuan modal usaha, yang memungkinkan mustahiq untuk berkembang secara ekonomi, mandiri dan dampak jangka panjang bagi kesejahteraan mustahiq serta mengatasi kemiskinan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Zakat; PROKSI; Zakat Mart; Hukum Ekonomi Syariah
Subjects: Islam > Islam and Economics
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Hukum Ekonomi Syari'ah
Depositing User: Nungki Pahrussadi Pahrussadi
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:00
Last Modified: 09 Sep 2024 04:00
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97215

Actions (login required)

View Item View Item