Nur Amaliana, Ami (2024) Bimbingan konseling Islam dengan teknik Behavioral dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku pelaku Bullying pada siswa kelas VIII: Penelitian di Sekolah Menengah Pertama Itikurih Hibarna Jalan Raya Laswi No.782, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (548kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
Abstract
Ami Nur Amaliana: Bimbingan Konseling Islam Dengan Teknik Behavioral Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Mengatasi Perilaku Pelaku Bullying Pada Siswa Kelas VIII (Penelitian Di Sekolah Menengah Pertama Itikurih Hibarna Jalan Raya Laswi No.782 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung) Penelitian ini dilatarbelakangi siswa yang memiliki perilaku sebagai pelaku bullying di Sekolah Menengah Pertama Itikurih Hibarna yang tidak bisa mengendalikan diri nya sehingga merugikan teman sebaya dan lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perilaku pelaku bullying, proses bimbingan konseling Islam dengan teknik behavioral dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku pelaku bullying, hasil bimbingan konseling Islam dengan teknik behavioral dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku pelaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Itikurih Hibarna Jalan Raya Laswi No.782 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Penelitan ini menggunakan teori bimbingan konseling Islam dengan teknik behavioral dalam layanan konseling kelompok merupakan proses bantuan yang bertujuan untuk mengatasi perilaku pelaku bullying dengan membimbing dan menasihatinya secara kelompok agar tingkah laku pelaku menjadi lebih baik akhlaknya sehingga mencapai kebahagiaan didunia dan diakhirat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dengan tiga cara, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi dilapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kondisi perilaku pelaku bullying pada siswa kelas VIII di SMP Itikurih Hibarna Ciparay sangat rendah. Namun, setelah dilaksanakannya proses bimbingan konseling Islam dengan teknik behavioral dalam layanan konseling kelompok untuk mengatasi perilaku pelaku bullying pada siswa kelas VIII menunjukkan hasil yang cukup baik adanya penurunan perilaku pelaku bullying telah berhasil. Hal ini dapat dilihat bahwa perilaku pelaku bullying memiliki rasa empati seperti suka tolong menolong, memiliki kasih sayang, dapat mengendalikan emosinya dan pelaku bullying tidak melakukan kekerasan lagi seperti tidak memukul, tidak mendorong, tidak mengejek nama orang tua siswa, tidak mengolok-ngolok, tidak berkata kasar, tidak menarik kerudung, dan tidak menyebarkan gosip di lingkungan sekolah. Kata Kunci: Bimbingan Konseling Islam, Behavioral, Konseling Kelompok, Pelaku Bullying
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Konseling Islam; Behavioral; Konseling Kelompok; Pelaku Bullying |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ami Nur Amaliana |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 08:57 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 08:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97228 |
Actions (login required)
View Item |