Intensitas siswa membaca buku-buku Islami hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam

Fazar, Mochamad (2024) Intensitas siswa membaca buku-buku Islami hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di SMA SMA IT Mentari Ilmu Karawang kegiatan membaca secara umum sudah mendapat perhatian serius dari pihak sekolah. Perpustakaan sekolah telah dilengkapi dengan koleksi buku-buku yang cukup variatif. Selain itu, sekolah juga telah mengimplementasikan program rutinitas membaca harian. Langkah-langkah ini diambil dengan harapan dapat menumbuhkan minat baca siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa. Namun ditemukan fenomena yang mengindikasikan kurangnya minat dan motivasi siswa untuk mendalami literatur Islami, meskipun materi tersebut relevan dan penting bagi pengembangan pemahaman mereka terhadap ajaran agama. Hal tersebut menunjukkan adanya kesenjangan dan permasalahan yang menarik untuk diteliti, apakah terdapat hubungan antara intensitas siswa dalam membaca buku islami dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, mengingat bahwa fasilitas dan program sudah ada, namun masih terdapat siswa yang kurang memanfaatkan kesempatan ini secara optimal. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) Realitas intensitas siswa dalam membaca buku islami. 2) Realitas hasil belajar kognitif siswa. 3) Realitas hubungan intensitas siswa dalam membaca buku islami dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar kognitif siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya intensitas mereka dalam membaca buku islami. Berdasarkan hal tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah semakin tinggi intensitas siswa dalam membaca buku islami, maka akan semakin tinggi pula hasil belajar kognitif mereka, begitu pula sebaliknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode korelasi regresi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket, tes, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis parsial, uji normalitas, uji regresi, uji korelasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, 1)Realitas intensitas siswa dalam membaca buku islami (Variabel X) termasuk ke dalam kategori tinggi dengan skor rata-rata 3,8, yang berada pada interval 3,51-4,50. 2)Realitas hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (Variabel Y) termasuk ke dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 80 karena berada pada interval 80-100. 3) Hubungan antara variabel X dengan variabel Y berkategori sedang dengan korelasi 0,403 yang berada pada interpretasi 0,21-0,40. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa Thitung sebesar 2,411 dengan derajat kebebasan 29 taraf signifikansi 5% diperoleh Ttabel sebesar 1,697 ini menandakan bahwa Thitung lebih besar dari Ttabel. Hal ini menunjukan bahwa (Ha) diterima dan (H0) ditolak. Besarnya pengaruh variabel X terhadap variabel Y yaitu 16 persen, sementara 84 persen dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Intensitas; Membaca Buku Islami; Hasil Belajar Kognitif
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fazar Mochamad
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:12
Last Modified: 09 Sep 2024 03:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97230

Actions (login required)

View Item View Item