Pengaruh tayangan berita kriminal pada akun Tiktok @patroli.indosiar terhadap perilaku kenakalan remaja: Studi penelitian siswa/i SMK Teknologi Industri Pembangunan kota Cimahi

Aini, Shatila Qurotul (2024) Pengaruh tayangan berita kriminal pada akun Tiktok @patroli.indosiar terhadap perilaku kenakalan remaja: Studi penelitian siswa/i SMK Teknologi Industri Pembangunan kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER_SHATILA.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_SHATILA.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI_SHATILA.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I_SHATILA.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II_SHATILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III_SHATILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV_SHATILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTKA)
DAFTAR PUSTAKA_SHATILA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)

Abstract

Berita memiliki fungsi instrumental, pemberitaan juga berfungsi sebagai ethicizing (mengetiskan) bagi masyarakat, karena dengan adanya pemberitaan tersebut, masyarakat tahu bahwa perbuatan tersebut salah dan mereka akan tergugah untuk mengikuti aturan atau etika yang berlaku. Hal ini rupanya telah membawa pengaruh besar bagi kehidupan, terutama remaja. Remaja adalah usia yang sangat rawan dan riskan, mudah dan gampang terpengaruh dengan hal-hal yang berbau kekerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari tayangan berita kriminal pada akun tiktok @patroli.indosiar terhadap perilaku kenakalan remaja siswa/i SMK Teknologi Industri pembangunan cimahi. Dalam penelitian ini, teori yang digunakan yaitu jarum hipodermik yang menganggap media massa memiliki kemampuan dalam mempengaruhi seseorang. Metode yang digunakan dalam penelelitian ini adalah metode kuantitatif dengan cara membagian kuesioner kepada siswa/i SMK Teknologi Industripembangunan cimahi, dengan populasi sebanyak 1.102 dan sampel 92 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga pengambilan sampel yang didasarkan pada suatu pertimbangan tertentu yang dibuat oleh peneliti dengan menggunakan rumus slovin. Hasil penelitian ini dapat disimpulakn rhitung sebesar 0,47 > rtabel 0,203, dan bahwa nilai sig (2-tailed) antara variabel berita kriminal dengan variabel perilaku kenakalan remaja adalah sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti terdapat korelasi yang signifikan antara kedua variabel tersebut. Bahwa adanya dampak tayangan berita kriminal terhadap perilaku kenakalan remaja walaupun tingkat kekuatan hubungan korelasi antara variabel berita kriminal dengan perilaku kenakalan remaja yaitu terdapat pada angka 0,47. Lalu nilai koefisien determinasi yang telah dihasilkan adalah 22 % variabel x mempengaruhi variabel y. dan penelitian ini juga menunjukan thitung sebesar 5,06 > ttabel 1,661, dan bahwa nilai signifikansi terhadap kedua variabel tersebut adalah 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh antara variabel x terhadap varaibel y.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kenakalan Remaja; tiktok @Patroli.Indosiar; Pengaruh; Berita Kriminal; Jarum Hipodermik
Subjects: Criminology > Prevention of Crime and Delinquency
Criminology > Crime in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Shatila Qurotul Aini
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:31
Last Modified: 09 Sep 2024 03:31
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97259

Actions (login required)

View Item View Item