Ningsih, Sulistia (2024) Penerapan pembelajaran berbasis Socio Scientific Issue (SSI) untuk menganalisis keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa dalam mengatasi masalah pencemaran air. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (248kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
Abstract
Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya partisipasi aktif peserta didik dalam pengembangan pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sosial. Peserta didik perlu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berargumen, dan kemampuan berpikir kritis agar dapat menerapkan konsep-konsep ilmiah dalam pengambilan keputusan terkait permasalahan ilmiah. Salah satu pendekatan yang efektif untuk mengembangkan kemampuan argumentasi adalah pembelajaran berbasis Socio Scientific Issues (SSI). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas mahasiswa dalam penerapan pembelajaran berbasis SSI dan menganalisis keterampilan argumentasi ilmiah mahasiswa dalam mengatasi masalah pencemaran air. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah one shot case study dengan subjek penelitian mahasiswa pendidikan kimia semester 4B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dalam penerapan pembelajaran berbasis SSI tergolong sangat baik dengan persentase 90,3%, namun kualitas argumentasi ilmiah mahasiswa masih tergolong rendah dengan tingkat partisipasi mendominasi pada level 2 sebanyak 70%. Mahasiswa cenderung memberikan argumentasi yang belum berlandaskan berpikir kimia pada aspek submikroskopis dan lebih dominan pada level berpikir makroskopis. Kata Kunci: Socio scientific issue (SSI), keterampilan argumentasi ilmiah, pencemaran air
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Socio scientific issue (SSI); keterampilan argumentasi ilmiah; pencemaran air |
Subjects: | Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Ningsih Sulistia |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97277 |
Actions (login required)
View Item |