Manajemen pelayanan manasik haji : Studi di KBIHU syafia hana bahana Kota Cimahi

Haris, Alifia Sujianti (2024) Manajemen pelayanan manasik haji : Studi di KBIHU syafia hana bahana Kota Cimahi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover watermark alifia .pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK watermark alifia .pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi watermark alifia 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I watermark alifia.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II watermark alifia .pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III watermark alifia .pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV watermark alifia .pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka watermark alifia .pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)

Abstract

Penyelenggaraan bimbingan manasik haji diatur dalam undang-undang No. 13 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan ibadah haji, yang menyebutkan bahwa pemerintah berkewajiban memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya terhadap jemaah haji melalui sistem dan manajemen penyelenggaraan haji. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan manasik haji, proses kinerja petugas pelayanan, keberhasilan petugas pelayanan dalam melaksanakan manasik haji di KBIH Syafia Hana Bahana Kota Cimahi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Terry (1997): Manajemen adalah proses yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang ditetapkan. Teori Adyabarata (2003): Pelayanan adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.Teori Manasik Haji: Peragaan pelaksanaan ibadah haji sesuai rukun-rukun dilakukan sebelum keberangkatan calon jemaah ke tanah suci. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan bukan angka. Data diambil melalui wawancara dengan Ketua, pegawai dan Jemaah Haji KBIH Syafia Hana Bahana Kota Cimahi. Observasi dilakukan sebanyak 2 kali dan dokumentasi berupa arsip manasik haji KBIH Syafia Hana Bahana. Pada hasil penelitian ini yang pertama Manajemen Pelayanan Manasik Haji KBIHU Syafia Hana Bahana berhasil dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan bimbingan manasik haji. Yang kedua Kinerja Petugas menunjukkan kinerja baik dengan simulasi ibadah haji dan perhatian khusus kepada jemaah yang membutuhkan bantuan ekstra. Yang terakhir Keberhasilan Pelayanan Jemaah merasa puas dengan penjelasan materi yang rinci dan dukungan sarana serta prasarana yang memadai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Haji; Manasik; Pelayanan.
Subjects: Customs of People > Organization and Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Alifia Sujianti Haris Haris
Date Deposited: 10 Sep 2024 08:32
Last Modified: 10 Sep 2024 08:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97587

Actions (login required)

View Item View Item