Jannah, Rifdah Rohadatul (2024) Pengaruh konseling sebaya terhadap regulasi diri mahasiswa dalam menghadapi tuntutan akademik : Penelitian pada mahasiswa Ruang Curhat Salman ITB. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK SKRIPSI ASLI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (71kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I SKRIPSI.pdf Download (372kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
Abstract
Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk membentuk mahasiswa yang kompetitif dan memenuhi Tri Dharma Perguruan Tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tuntutan akademik yang tinggi sering menimbulkan stres pada mahasiswanya, sehingga penting bagi para mahasiswa untuk memiliki kemampuan regulasi diri. Untuk meningkatkan regulasi diri ini, layanan konseling sebaya di Ruang Curhat Salman ITB hadir sebagai solusi, bertujuan untuk mendukung dan memperkuat kemampuan regulasi diri mahasiswa aktivis Salman ITB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling sebaya terhadap regulasi diri mahasiswa dalam menghadapi tuntutan akademik (Penelitian pada Mahasiswa Ruang Curhat Salman ITB). Penelitian ini didasarkan pada teori regulasi diri yang merupakan upaya individu untuk mengelola diri dalam suatu aktivitas dengan melibatkan kemampuan metakognisi, motivasi, dan perilaku aktif. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan regresi linear sederhana untuk mengukur seberapa besar pengaruh konseling sebaya terhadap regulasi diri dalam menghadapi tuntutan akademik. Metode ini melibatkan pengukuran pengaruh tersebut melalui kuesioner yang dirancang khusus untuk mengidentifikasi berbagai aspek regulasi diri. Dengan cara ini, penelitian bertujuan untuk menganalisis sejauh mana konseling sebaya mempengaruhi kemampuan individu dalam mengelola emosi dan kemajuan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,010 < α 0.005 sehingga (H1) diterima, sedangkan (H0) ditolak. Ini berarti konselings ebaya berpengaruh terhadap regulasi diri, dengan pengaruh sebesar 0.669 atau 66.9%, sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti. Hal ini menunjukkan bahwa konseling sebaya berpengaruh positif terhadap regulasi diri mahasiswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Sebaya; Regulasi Diri; Tuntutan Akademik |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Higher Education, Universities |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | RIFDAH ROHADATUL JANNAH |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 03:15 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 03:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97591 |
Actions (login required)
View Item |