Optimalisasi kelembagaan Baznas dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat: Studi deskriptif pada Baznas Kabupaten Kuningan

Nursa'adah, Rina (2024) Optimalisasi kelembagaan Baznas dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat: Studi deskriptif pada Baznas Kabupaten Kuningan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Baznas merupakan Lembaga resmi di Indonesia yang bertanggung jawab untuk mengelola dana zakat, Baznas bertugas menghimpun, mengelola, dan menyalurkan dana zakat dari masyarakat kepada pihak yang berhak menerimanya sesuai dengan ketentuan syariah Islam. Baznas membantu dalam mengatasi kemiskinan salah satunya Baznas di kabupaten Kuningan. Oleh karena itu perlu adanya pengoptimalisasian kelembagaan Baznas dalam mengentaskan kemiskinan, karena tidak hanya dalam pengelolaan dana zakat secara efisien saja, namun juga dalam membangun sistem yang berkelanjutan untuk memperkuat masyarakat dan meningkatkan kualitas hidupnya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui rancangan program Baznas Kabupaten Kuningan, proses kerjasama Baznas Kabupaten Kuningan dengan pihak terkait, mengetahui implikasi program Baznas dengan masyarakat dan mengetahui transparansi dan akuntabilitas dana zakat di Baznas Kabupaten Kuningan. Teori yang digunakan adalah teori kelembagaan (Douglas North,1990 ) yang menekankan peran institusi dalam mempengaruhi kinerja ekonomi dan perkembangan masyarakat. Kemudian teori kepercayaan masyarakat (Deutsch,1960) yang berfokus pada peran kepercayaan dalam membentuk hubungan sosial dan kerjasama antarindividu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu rancangan program Baznas Kabupaten Kuningan dilaksanakan dengan musyawarah antara pimpinan dan amil, memiliki 5 program unggulan yang disebut Kuduhacermat ( Kuningan Peduli, Sehat, Cerdas, Makmur dan Taqwa). Proses kerjasama Baznas Kabupaten Kuningan salah satunya dengan Dinas kesehatan yaitu dalam penanganan stunting di kabupaten Kuningan, kemudian Implikasi program Baznas dengan masyarakat salah satunya dengan pemberdayaan ekonomi melalui LPEM ( Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik ) contohnya pelatihan pembuatan fried chiken untuk para mustahik. Transparansi dalam pengumpulan zakat menggunakan sistem pelaporan digital yang bisa diakses oleh publik. Laporan keuangan Baznas Kabupaten Kuningan telah menjalani proses audit oleh kantor akuntan publik dan dinyatakan dengan opini wajar tanpa pengecualian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Optimalisasi; Kelembagaan; Baznas; Kepercayaan Masyarakat
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Rina Nursa'adah
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:41
Last Modified: 10 Sep 2024 03:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97598

Actions (login required)

View Item View Item