Pengaruh waktu aging solo black garlic yang difermentasi whey kefir terhadap kadar kolesterol mencit jantan yang diinduksi triton X-100

Fadilah, Susi Nurul (2024) Pengaruh waktu aging solo black garlic yang difermentasi whey kefir terhadap kadar kolesterol mencit jantan yang diinduksi triton X-100. Sarjana thesis, UIN sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (991kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (988kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (989kB) | Preview
[img] Text (BBA II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (990kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (988kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Hiperkolesterolemia merupakan salah satu penyakit sindrom metabolik yang disebabkan oleh peningkatan kadar kolesterol (HDL dan LDL) dan trigliserida didalam darah. Pengobatan kolesterol dengan menggunakan obat kimiawi memiliki risiko efek samping terhadap tubuh. Solo black garlic merupakan salah satu bahan alternatif yang mengandung SAC, polifenol dan flavonoid yang mampu menurunkan kadar kolesterol. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu aging solo black garlic yang difermentasi pada whey kefir terhadap kadar kolesterol mencit. Fermentasi bawang putih tunggal pada whey kefir selama 7 hari sebelum proses aging bertujuan untuk meningkatkan kualitas solo black garlic. Whey kefir mengandung bioaktif seperti laktoferin yang berfungsi sebagai antioksidan dan BAL. Variasi waktu aging solo black garlic pada 7, 14 dan 21 hari dilakukan sebagai perbandingan waktu terbaik dalam menurunkan kadar kolesterol. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pada hewan uji mencit yang terbagi kedalam enam kelompok diantaranya K (kontrol normal), K- (induksi Triton X-100 tanpa pengobatan), K+ (induksi Triton X-100 dan sediaan pembanding Simvastatin 20 g), SBG7, SBG14 dan SBG21 (induksi Triton X-100 dan solo black garlic dengan waktu aging 7, 14 dan 21 hari). Induksi kolesterol pada mencit menggunakan Triton X-100 dengan dosis 100 mg/KgBB secara intraperitoneal. Pemberian pengobatan dilakukan selama 14 hari. Kadar kolesterol total dianalisis dengan uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa perlakuan SBG7 memperoleh nilai penurunan kolesterol tertinggi yakni sebesar 107,25 mg/dl dan perlakuan Simvastatin memperoleh nilai penurunan terendah sebesar 63,25 mg/dl. Oleh karenanya solo black garlic dengan fermentasi whey kefir dan waktu aging selama 7 hari dapat dijadikan alternatif untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Antioksidan; Kolesterol; Mencit; SAC; Solo Black Garlic
Subjects: Diseases
Diseases > Diseases of Liver, Hepatology
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi
Depositing User: Susi Nurul Fadillah
Date Deposited: 12 Sep 2024 03:04
Last Modified: 12 Sep 2024 03:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97758

Actions (login required)

View Item View Item