Dewi, Suci Fitria (2024) Pengaruh supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru: Penelitian di MTs Swasta Se-Kecamatan Rancaekek. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (352kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (269kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keberhasilan yang dimiliki oleh kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi akademik kepala madrasah khususnya terhadap kinerja guru yang dilakukan di 2 (dua) madrasah Tsanawiyah Swasta. Meskipun demikian, dalam pelaksanannya terdapat beberapa permasalahan atau kendala, diantaranya kepala madrasah masih belum konsisten dikarenakan kegiatan yang dimiliki kepala madrasah seringkali berada di waktu yang sama, kemudian kinerja guru yang belum optimal dan perlu peningkatan secara berkala seperti kurangnya pemahaman mengenai penyusunan Rencana Pokok Pembelajaran (RPP) dikarenakan adanya perubahan kurikulum, dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang bervariatif sehingga berdampak pada siswa. Dengan mengoptimalkan pelaksanaan supervisi, diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru sehingga hasil belajar siswa juga meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui supervisi akademik kepala madrasah terhadap kinerja guru di Madrasah Tsanawiyah Swasta Se-Kecamatan Rancaekek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian yaitu deskriptif. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan angket/kuesioner dengan jumlah sampel sebanyak 37 guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji instrument (validitas dan reliabilitas), analisis statistik deskriptif (analisis parsial indikator), analisis asumsi (uji normalitas data dan linearitas), uji hipotesis (uji regresi linear sederhana, uji T parsial, dan uji koefisien determinasi). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa realitas variabel (X) supervisi akademik di madrasah tersebut bernilai 4,43 yang termasuk dalam kategori “Tinggi” dengan berdasarkan 3 indikator supervisi akademik. Kemudian hasil realitas variabel (Y) kinerja guru bernilai 4,42 yang termasuk dalam kategori “Tinggi” dengan berdasarkan 4 indikator kinerja guru. selanjutnya berdasarkan hasil pengujian koefisien determinasi (R Square) diperoleh nilai 0,474 dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh variabel bebas (supervisi akademik kepala madrasah) terhadap variabel terikat (kinerja guru) yaitu sebesar 47,4% dan dapat dikategorikan sedang karena setara dengan nilai 2,90 pada skala 1 sampai 5 yang berada pada rentang interval 2,6 – 3,5, sedangkan 52,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Akademik Kepala Madrasah; Kinerja Guru |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Suci Fitria Dewi |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/97796 |
Actions (login required)
View Item |